The Localist Coffee and Bistro, kafe ramah ibu dan anak

Jum'at, 16 Agustus 2019 | 16:43 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Menjamurnya restoran dan cafe di Surabaya dan sekitarnya memaksa pemiliknya untuk berinovasi dan berkreasi agar tercipta ciri khas yang membedakan dari berbagai restoran yang lebih dahulu berdiri, seperti yang dilakukan The Localist Coffee and Bistro.  

Cafe yang berlokasi di jalan Arif Rahman Hakim ini tampil dengan wajah yang lebih segar dan feminin. Dihiasi nuansa tosca dan putih serta tanaman hias tropis, cafe yang menegaskan diri sebagai cafe ramah ibu dan anak ini terasa bagai oasis di tengahnya panas kota. 

Cafe independent ini kini menjadi tempat nyaman bagi para ibu atau ayah yang membutuhkan meet-up point yang ramah anak untuk berbagai acara seperti arisan, meeting, atau sekedar "ngafe" santai dengan teman dan relasi.

The Localist Coffee and Bistro dibuka di bulan April 2015. Sebelumnya sejak tahun 2007 hingga 2014, cafe di jalan Arif Rahman Hakim 40 Klampis ini dikenal sebagai cafe anak muda dan mahasiswa dengan nama Coffee Corner. 

"The Localist hari ini yang berkembang menjadi sebuah cafe keluarga dan ramah ibu dan anak bukanlah suatu kebetulan. Ini dimulai pada pertengahan tahun 2016, dimana saya sebagai pekerja dan ibu dari seorang balita membutuhkan tempat yang nyaman untuk bisa meeting dengan relasi sekaligus tempat menyenangkan bagi anak saya," ujar General Manager The Localist Coffee and Bistro Harini Riana, Jumat (16/8/2019).

Menurutnya, sebagai ibu bekerja, pasti banyak ibu sepertinya yang membutuhkan sebuah tempat untuk meeting, bertemu relasi, kerja dengan laptop sementara sang buah hati bisa bermain dengan asyik dan aman. 

“Ibu jaman sekarang semakin banyak yang bekerja offsite atau bekerja dari rumah. Terkadang dalam beberapa situasi, harus sambil momong anak. Nah dimana saya bisa nyaman untuk beberapa jam bekerja atau ketemu dengan relasi, sementara anak saya nggak cuma guling-guling di lantai nungguin saya sambil kebosanan. Dari situ dimulailah penambahan ruang Kids Area di dalam cafe secara perlahan,"  ujar Harini Riana.  

Mainan edukatif yang mendukung imaginatif play seperti custom rumah-rumahan, buku-buku anak, papan tulis, sensory toys, dipilih dengan memikirkan kemampuan dan kebutuhan anak-anak balita.  

The Localist Coffee and Bistro juga menciptakan dan mengadakan acara StoryTime hampir tiap Sabtu dan Minggu untuk dua grup usia, yaitu grup Baby StoryTime untuk bayi usia 6-18 bulan dan grup StoryTime untuk anak-anak usia 2-5 tahun. 

Pihak cafe juga bekerja sama dengan seorang guru kelompok bermain dari Sanggar Kreativitas Universitas Surabaya untuk memandu acara tersebut. Di dalam acara StoryTime, anak-anak dibacakan buku, diajak bergerak dengan musik, bernyanyi, serta diajak berkreasi melalui crafting yang dikhususkan untuk grup usia 2-5 tahun. Acara ini gratis untuk anak-anak. Inti dari acara StoryTime dari The Localist adalah mengenalkan cinta terhadap buku bacaan sejak dini. 

Tentunya The Localist menerima semua tamu, tidak hanya keluarga atau ibu dan anak. Sering terlihat beberapa kelompok mahasiswa mengerjakan tugas atau pekerja kantoran meeting di cafe ini. Menu makanan dan minuman dengan harga yang terjangkau membuat cafe ini juga ramah di kantong.kbc6

Bagikan artikel ini: