Startup minuman anak Jokowi raih pendanaan Rp71 miliar dari Alpha JWC

Minggu, 18 Agustus 2019 | 18:24 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Startup Minuman Goola baru saja mendapatkan pendanaan pertamanya senilai US$5 juta atau setara Rp 71 miliar dari Venture Capital, Alpha JWC.

Alpha JWC (Alpha) merupakan perusahaan modal ventura yang fokus berinvestasi pada perusahaan rintisan (startup) berbasis teknologi di Indonesia. Perusahaan ini didirikan Chandra Tjan bersama Jefrey Joe dan Will Ongkowidjaja pada awal 2015.

Sementara Goola merupakan startup minuman tradisional on-demand yang didirikan sejak 2018 oleh putra Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming, bersama dengan koleganya, Kevin Susanto.

Selain Gibran dan Kevin, startup minuman ini juga melibatkan Benz Budiman, founder dan CEO Pomona yang bertindak sebagai penasihat strategis bagi pengembangan Goola.

Goola Sudah memiliki 5 toko yang buka di Jakarta. 

"Jika minuman manis dari negara lain bisa populer, mengapa minuman lokal kita tidak bisa? Produk kami telah diterima baik oleh pelanggan. Goola tidak hanya mengikuti tren konsumsi minuman manis yang sedang naik daun. Banyak (konsumen) yang bilang, minuman kami membawa kembali kenangan masa kecil mereka dan mengingatkan kembali pada tradisi yang sudah lama terlupakan," kata Gibran dalam keterangannya, Jumat (16/8/2019). 

Goola menargetkan pembukaan 15 gerai lainnya di Indonesia pada 2019 dan mencapai 100 gerai pada 2020. Tidak hanya menguasai pasar domestik, Goola juga berencana untuk melakukan ekspansi ke negara-negara lain di Asia. 

Goola menawarkan minuman-minuman tradisional Indonesia seperti Es Doger, Es Kacang Hijau dan Es Gula Aren. Tentunya dengan ciri khas tersendiri dan dikemas secara modern. 

Perkembangan Goola diperkirakan bakal mengikuti jejak Kopi Kenangan, startup minuman kopi on-demand yang juga telah mendapatkan suntikan dana miliaran rupiah dari Alpha JWC dan Sequoia India. kbc10

Bagikan artikel ini: