Begini cara 'Elon Musk Indonesia' dukung Jokowi wujudkan green city

Rabu, 21 Agustus 2019 | 12:42 WIB ET
Victor Wirawan
Victor Wirawan

SURABAYA, kabarbisnis.com: Pemerintah terus mendorong pengembangan energi baru dan terbarukan (EBT) guna mengurangi ketergantungan terhadap energi fosil. Termasuk rencana pengembangan ibu kota baru yang digagas Presiden Joko Widodo (Jokowi), yang mengusung konsep modern, smart, and green city.

Nah, guna mendukung upaya pemerintah tersebut, sekelompok kaum milenial bersama “Elon Musk Indonesia” siap mengambil peran tersebut.

Asal tahu saja, ibu kota baru yang akan berada di Pulau Kalimantan ini dirancang bukan hanya sebagai simbol identitas negara, melainkan juga representasi kemajuan bangsa Indonesia. Pada realisasinya nanti, Presiden Jokowi mendorong partisipasi swasta, BUMN, maupun skema kerja sama pemerintah badan usaha.

"Ibu Kota baru dirancang bukan hanya sebagai simbol identitas, tetapi representasi kemajuan bangsa dengan mengusung konsep modern, smart dan green city, memakai energi baru dan terbarukan, tidak bergantung pada energi fosil," kata Jokowi saat Pidato Kenegaraan, baru - baru ini.

Atas hal itu, CEO & Founder Baran Energy, Victor Wirawan cukup antusias. Pasalnya, saat ini ia bersama puluhan anak muda milenial tengah mengembangkan teknologi EBT ramah lingkungan yang dinamakan PowerWall, yang merupakan energy storage system berkapasitas 8.8 KW.

Elon Musk adalah tokoh bisnis, penemu, dan industrialis dari Amerika Serikat. Ia merupakan pendiri dan CEO SpaceX.

Victor yang mengikuti jejak Elon Musk (pengusaha muda Amerika Serikat pendiri dan CEO SpaceX serta Tesla) mengaku, pihaknya juga sedang menyiapkan pengembangan baterai dengan skala yang lebih besar, yaitu PowerPack 126 Mb dan PowerCube 1.2 MWh.

“Selain untuk rumah tinggal, real estate, dan industri, baterai ini juga bisa difungsikan sebagai komponen utama mobil listrik. Suatu saat penggunaan mobil listrik akan masif, begitu juga dengan pemakaian baterai listrik dan solar panel di rumah-rumah juga akan masif. Jika itu terjadi, era bebas polusi udara dan green city sudah dimulai,” tutur tokoh milenial dan visioner melalui keterangan tertulisnya, Rabu (21/8/2019).

Bawa program Rp1 ke Surabaya

Victor mengungkapkan, guna mendorong percepatan pemakaian baterai listrik dan solar panel demi mewujudkan kota yang bersih dan bebas polusi, pihaknya telah menyiapkan skema pembayaran Rp 1 dan cicilan panjang hingga 10 tahun.

“Bukan hanya itu, dengan program Rp 1, masyarakat juga bisa mendapatkan uangnya kembali 100% setelah pemakaian sekian tahun,” beber Victor.

Dan untuk lebih memperkenalkan dan menyosialisasikan pemakaian teknologi yang mampu menekan pemakaian listrik konvensional ini, Baran Energy, yang digadang-gadang sebagai Baby Unicorn Indonesia, akan menyambangi Kota Surabaya pada 5 September 2019 mendatang.

“Sebelumnya, kami sudah menyosialisasikan dan memperkenalkan produk ini ke warga Jakarta dan Bandung. Dan pada 5 September mendatang, kami akan menyambangi Kota Pahlawan, tepatnya di CGV Marvell City Surabaya mulai jam 09.30 pagi,” ujar Victor. 

Jadi, inilah kesempatan bagi warga Surabaya untuk bisa menjadi bagian dari pendukung energi ramah lingkungan. kbc7

Bagikan artikel ini: