Menkominfo dan Gubernur Jawa Timur hadiri ajang GLP 2019 di Surabaya

Minggu, 25 Agustus 2019 | 21:42 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: PT Electronic Sports Indonesia (ESID) resmi menggelar acara The International 9th yaitu Gamers Land Party (GLP) 2019 selama dua hari pada 24-25 Agustus 2019 di Jatim Expo Surabaya Jalan Ahmad Yani Nomor 99 Margorejo, Wonocolo Surabaya Jawa Timur.

Direktur Operasional PT ESID, Victorinus Tanjaya berpandangan  bahwa event eSports GLP 2019, adalah pertama kali dilakukan di  Indonesia. GLP 2019  kali ini tidak hanya akan menggelar nonton bareng  atau disebut dengan PUBSTOMP saja tetapi juga ada event lain yang akan digelar secara bersamaan, seperti Gathering Komunitas Gamer Terbesar, Gaming Competition, Costplay Party, Techno Update, Experience Internet 1Gbps hingga meet and greet.

Victorinus memprediksi acara berskala Internasional itu akan dihadiri lebih dari dari 10.000 pengunjung di Jatim Expo Surabaya. Dia optimistis acara yang akan mempertemukan para gamer itu dapat mendorong industri dan ekosistem eSports di Indonesia, terutama di Surabaya.

"GLP 2019 yang digelar di Surabaya ini bukan sekedar nonton bareng biasa ya, tetapi akan ada acara besar lainnya di GLP 2019," tuturnya dalam keterangan resminya di Surabaya, Sabtu (24/8).

Dia menjelaskan bahwa turnamen eSport dewasa ini lebih dominan digelar di wilayah DKI Jakarta, namun dia berpandangan potensi eSport tersebut juga ada di wilayah Surabaya, karena itu ESID akan menggelar event tersebut di Surabaya.

"Jadi kan kalau di Jakarta, turnamen eSports itu sendiri sudah beberapa kali diadakan. Sementara potensi eSports itu ada dimana-mana dan salah satunya di Surabaya," katanya.

Menurutnya, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara dan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa juga akan hadir pada event berskala besar tersebut. Kehadiran Menkominfo Rudiantara dan Gubernur Jawa Timur, Khofifah,   merupakan wujud dukungan regulator terhadap industri eSports dan ESID yang kini berkembang di Indonesia.

Terdapat atraksi menarik  yaitu lomba Costplay yang dihadiri oleh 75 orang dengan menggunakan kostum karakter  yang akan dinilai oleh tiga juri yang merupakan mantan pemenang Costplay salah satunya Punipun7.

Akan hadir pula beberapa komunitas games yang terkenal seperti Pokemon, Taken atau dikenal dengan pemain games serta proteam, pemain mobile legend yang terkenal yaitu Epos dan ikut turnamen di Asian Games. kbc5

Bagikan artikel ini: