Ragam inovasi olahan, solusi atasi fluktuasi harga cabai

Minggu, 25 Agustus 2019 | 22:52 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Harga cabai di pasar ritel tradisonal berada di kisaran Rp 90.000 an per kilogram (kg). Meski harganya tergolong mahal, namun dipandang masih lebih rendah dari harga sebelumnya yang menembus Rp 120.000 an per kg.

Konon kenaikkan harga cabai karena efek musim kemarau dan kurangnya pasokan. Harga yang naik pun dinilai sebagai sebuah siklus tahunan.

Untuk menyiasati kenaikan harga cabai tersebut, BB-Pascapanen Balitbangtan melakukan Bimtek Pascapanen bagi petani milenial di Kepulauan Riau. Acara Bimtek dilaksanakan di BPTP Kepulauan Riau dan diikuti oleh 50 anggota Gempita dari Kota Tanjung Pinang, Kota Batam dan Kabupaten Bintan.

Setjen Gempita Kepri Wahyu Wahyudin mengharapkan petani di Kepri dapat menjadi petani yang dinamis dan memiliki inovasi yang dapat meningkatkan kesejahteraan petani serta berperan dalam pembangunan pertanian Indonesia.Hal ini sesuai dengan harapan Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementan Dedi Nursyamsi generasi muda atau yang saat ini bisa disebut pemuda milenial menjadi penentu kemajuan pertanian di masa depan.

"Estafet petani selanjutnya adalah pada pundak generasi muda, mereka mempunyai inovasi dan gagasan kreatif yang sangat bermanfaat bagi kelangsungan pertanian," ujar Dedi dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu (25/8/2019).

Bimtek dipandu oleh peneliti BB-Pascapanen Balitbangtan, Ermi Sukasih.Peserta diajarkan beberapa jenis pengolahan produk cabai seperti cabai giling, cabai pasta, cabai blok, bon cabai, minyak cabai, cabai bubuk dan manisan cabai.

"Bimtek ini diharapkan dapat menjadi salah satu solusi saat panen raya," ujar Mizu Istianto, Kepala BPTP Kepri.

"Sehingga petani di Kepulauan Riau dapat memanfaatkan pasokan cabai yang tinggi untuk diolah lebih lanjut sehingga dapat meningkatkan umur simpan dan dapat menjadi solusi ketika terjadi kenaikan harga cabai," lanjut Lina Marlina Kasie PHP yang mewakili Kepala BB-Pascapanen.kbc11

Bagikan artikel ini: