Nokia siap rilis smartphone 5G murah di tahun depan

Selasa, 27 Agustus 2019 | 08:38 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Meski sejumlah negara telah merilis teknologi 5G, namun masih sedikit smartphone yang kompatibel dan dijual dengan harga mahal.

Dilansir Phone Arena, Senin (25/8/2019), HMD Global (pembesut smartphone Nokia) merupakan salah satu perusahaan yang sedang menyiapkan perangkat 5G. Perusahaan dilaporkan berencana menghadirkan smartphone Nokia 5G dengan harga terjangkau pada tahun depan.

HMD Global melihat ada peluang untuk menjual smartphone 5G dengan harga 50 persen lebih murah daripada yang ada sekarang.

"Kami melihat peluang khusus untuk membawa 5G ke segmen yang lebih terjangkau ketika kami memasuki pasar. Terjangkau ini kaitannya dengan apa yang telah ada sekarang. Saya akan senang melihat harganya bisa setengah daripada smartphone 5G yang ada sekarang," ungkap Chief Product Officer HMD Global, Juho Sarvikas.

HMD Global diprediksi akan mengumumkan smartphone Nokia harga terjangkau di acara Mobile World Congress (MWC) 2020 di Barcelona, Spanyol. Acara tersebut akan digelar pada Februari tahun depan.

Selain HMD Global, Apple juga dilaporkan akan merilis iPhone 5G pada tahun depan. Analis Ming-Chi Kuo memperkirakan Apple akan melengkapi tiga varian iPhone 2020 dengan modem 5G.

Sebelumnya, ia memprediksi hanya dua iPhone 2020 yang bisa kompatibel dengan jaringan telekomunikasi baru tersebut. Dilansir GSM Arena, Kuo meyakini Apple akan lebih baik dalam menyesuaikan pengembangan iPhone 5G, setelah mengakuisisi bisnis modem smartphone Intel beberapa waktu lalu.

Oleh sebab itu, perusahaan diperkirakan bisa membuat seluruh varian baru iPhone pada tahun depan kompatibel dengan jaringan 5G. Selain itu, Kuo juga memperkirakan harga ponsel Android 5G pada semester kedua 2020 akan berada di kisaran US$250 hingga 350.

Hal ini, katanya, akan memaksa Apple untuk menghadirkan perangkat 5G, bahkan pada perangkat entry-level miliknya.

Konsumen akan melihat 5G sebagai nilai jual utama pada tahun depan, dan ini membuat Apple bisa mengambil keuntungan melalui kerja sama dengan operator seluler.

Keuntungan lain, perangkat 5G akan menjadi potensi Apple untuk menumbuhkan ekosistem Augmented Reality (AR).

Kuo juga mengklaim, iPhone 5G pertama akan disokong sub-6GHz, bukan teknologi mmWave. Kendati demikian, pihak Apple sejauh ini belum mengonfirmasi tentang rencana peluncuran iPhone 5G. kbc10

Bagikan artikel ini: