Adopsi kekhasan Arab, ini dia logo resmi Piala Dunia 2022

Rabu, 4 September 2019 | 12:16 WIB ET

QATAR - FIFA mengumumkan logo resmi Piala Dunia 2022 di Doha, Qatar, Selasa (3/9/2019) malam waktu setempat. Dikutp dari kantor berita Yonhap, logo tersebut  berbentuk seperti angka 8 yang menampilkan unsur-unsur budaya lokal dan mewujudkan visi sebagai salah satu acara olahraga terbesar di dunia.

Menurut FIFA, desain logo itu mewujudkan visi acara yang menghubungkan dan melibatkan seluruh dunia, sekaligus juga menampilkan elemen-elemen khas kawasan Arab.

"Kurva menukik dalam logo ini mewakili bukit pasir gurun. Loop yang tak terputus digambarkan dalam angka delapan sebagai pengingat dari delapan stadion yang akan menjadi tuan rumah pertandingan," demikian penjelasan pihak FIFA.

Desain logo ini juga selaras dengan bentuk trofi Piala Dunia, yang berpadu dengan inspirasi dari selendang wol tradisional, yang sering dikenakan oleh masyarakat di wilayah negara-negara kawasan Teluk selama musim dingin.

"Adapun jenis huruf yang menyertai logo resmi tersebut mengambil bentuk kaligrafi Arab tradisional dalam font kontemporer,” kata pihak FIFA.

Piala Dunia 2022 akan dimulai pada 21 November dan berakhir pada 18 Desember. Turnamen ini, akan menjadi Piala Dunia pertama yang diperebutkan pada musim dingin. Selama ini, FIFA selalu menyelenggarakan ajang Piala Dunia di musim panas antara bulan Juni hingga Juli. kbc1

Bagikan artikel ini: