Pembangunan infrastruktur marak, bisnis waralaba diyakini tumbuh 5%

Jum'at, 6 September 2019 | 08:03 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Kalangan pelaku bisnis waralaba meyakini bisnis waralaba akan tumbuh sekitar 5 persen pada tahun ini.

Ketua Umum Perhimpunan Waralaba dan Lisensi Indonesia (WALI) Levita Ginting Supit menuturkan tahun politik cukup berdampak pada bisnis waralaba karena pengembangan usaha harus ditunda hingga kondisi dianggap baik.

“Kami akui akibat tahun politik, semua bisnis mengalami penurunan. Yang tadinya mau kembangkan usaha ditundadulu sampai pemerintah baru terpilih. Makanya mudah-mudahan tahun ini (tumbuh) bisa lebih dari 5 persen,” katanya di Jakarta, Kamis (5/9).

Levita menuturkan, pada 2018 pertumbuhan bisnis waralaba mencapai sekitar 3 persen. Meski di awal 2019 sempat dibayangi ketidakpastian karena situasi politik di Tanah Air, ia meyakini pertumbuhannya bisa lebih baik.

“Begitu selesai politik, bisnis itu kelihatan mulai tumbuh lagi. Yang dari luar negeri, yang tadinya hold (menunda) juga mereka mau masuk lagi,” imbuhnya.

Levita menambahkan, faktor lain yang ikut mendongkrak pertumbuhan bisnis waralaba adalah membaiknya infrastruktur dasar di sejumlah wilayah di Indonesia.

Menurut dia, sebelumnya bisnis waralaba enggan berkembang ke sejumlah pelosok negeri karena terkendala minimnya infrastruktur. Masalah seperti pengantaran produk yang lama hingga keamanan membayangi pengembangan bisnis waralaba di daerah.

“Sekarang infrastruktur sudah sampai ke pelosok-pelosok sehingga pengusaha lebih bersemangat membuka franchise di daerah-daerah mereka. Jadi kehadiran infrastruktur ini bisa dimanfaatkan pengusaha waralaba,” ujarnya.

Meski belum ada data rinci, secara kasar terdapat 2.000 an merek waralaba di Indonesia di mana 60 persennya merupakan waralaba lokal. Sekitar 40 persen bisnis waralaba di Indonesia didominasi bisnis makanan dan minuman (food and beverages/F&B).

Ada pun pada 2018, bisnis waralaba mencatatkan omzet sebesar Rp 150 triliun. kbc10

Bagikan artikel ini: