Haluan Negara penting untuk pastikan keberlanjutan pembangunan nasional

Jum'at, 6 September 2019 | 10:35 WIB ET
Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas
Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas

JAKARTA - Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas berpendapat, haluan negara diperlukan untuk menggaransi terwujudnya kesinambungan pembangunan nasional. Selain itu, haluan negara memastikan pembangunan negara dalam semua tingkatan pemerintahan bisa berjalan secara terkonsolidasi.

“Haluan negara akan menjaga keberlanjutan pembangunan nasional. Memandu arah bangsa secara lebih holistik. Sekaligus ini memastikan bahwa apa-apa yang sudah dilakukan Presiden Jokowi dengan sangat baik bisa berjalan berkelanjutan,” ujar Anas dalam seminar yang digelar Fraksi PDI Perjuangan MPR, Rabu (5/9/2019).

Anas memaparkan, saat ini interrelasi antar perencanaan pusat dan daerah dinilai sulit dikontrol dan diintervensi oleh pemerintah pusar atas dasar prinsip Otonomi Daerah, serta beragamnya warna-warni politik yang mengisi kepemimpinan daerah. Sehingga kehadiran haluan negara sangat diperlukan.

Anas mengatakan, haluan negara adalah pedoman substantive (substantive planning), sementara sistem perencanaan pembangunan nasional (SPPN) yang kini diacu adalah pedoman kaidah (procedural planning).

“Haluan negara adalah ideologi pembangunan. Ideologi ini penting untuk memandu pendekatan pembangunan yang ada di rencana jangka panjang pemerintah dari pusat ke daerah,” sambung Anas yang juga ketua Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) itu.

“Saya setuju dengan analogi bahwa haluan negara itu kompas alias penunjuk arah. Ke barat, timur, utara, atau selatan? Nah kalau RPJP Nasional atau Daerah dan RPJM Nasional/Daerah itu semacam GPS atau penunjuk jalan,” pungkas Anas.

Bagikan artikel ini: