Potensi besar, Kereta Api Logistik siap garap bisnis e-commerce

Minggu, 8 September 2019 | 15:11 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: PT Kereta Api Logistik (KALOG) selaku anak perusahaan PT Kereta Api Indonesia membuka peluang untuk menggarap bisnis e-commerce. Guna mewujudkan tujuan itu, perusahaan akan coba merangkul pihak luar untuk menjalankan bisnis logistik secara digital.

Plt Direktur Utama PT Kereta Api Logistik Hendy Helmy mengatakan, pihaknya antusias untuk bisa merambah sektor bisnis e-commerce. Sebab ia menilai, potensi pendapatan di dalamnya sangat besar.

"Justru ini yang saya pikir peluang buat KALOG. Nilainya sangat besar, terus jumlahnya sangat besar, dan semua orang berebut untuk meng-grab pasar e-commerce. Karena nilainya besar dibandingkan kita ngambil barang yang sifatnya bak besar," urainya di Jakarta, Sabtu (7/9/2019).

Dia menyampaikan, KALOG saat ini memang sudah masuk ke sektor bisnis digital, tapi porsinya belum begitu besar. "Untuk e-commerce kita masih kecil, mungkin di bawah 10 persen," imbuhnya.

Hendy menceritakan, pihaknya belum begitu banyak terlibat dalam bidang bisnis tersebut lantaran sebelumnya masih berfokus pada pembenahan di internal agar lebih sustain di tengah persaingan pasar logistik.

"Dengan ini sudah mulai bagus, kita sudah mulai membuka diri untuk melakukan ekspansi dengan membangun kerjasama dengan setiap agen-agen," ujar dia.

Selanjutnya, ia meneruskan, KALOG dalam waktu dekat ini bakal membuka keagenan pada setiap pengusaha-pengusaha yang ingin berbisnis logistik dengan perusahaan.

Secara target, lanjutnya, kemitraan dalam menjalankan bisnis logistik e-commerce tersebut bisa dimulai pada tahun ini. "(Kapan?) Mungkin sekitar bulan Oktober atau November lah," tandasnya. kbc10

Bagikan artikel ini: