Kemenhub siapkan 100 mobil listrik buat menteri dan pejabat ini

Senin, 9 September 2019 | 05:47 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Kementerian Perhubungan (Kemenhub) berencana melakukan pengadaan 100 mobil listrik pada tahun ini. Nantinya, mobil itu akan digunakan menteri, pejabat Eselon I dan Eselon II.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyebut program mobil listrik ini adalah untuk mobil dinas pribadi para pejabat. Ini dinilai mendukung visi pemerintah dalam memperluas penggunaan mobil listrik.

"Kami kemarin sudah diskusi. Kemenhub akan melakukan pengadaan 100 mobil listrik untuk pejabat. Mobil pribadi, sedan, full mobil listrik. Untuk Kemenhub dulu, eselon II, eselon I, dan saya juga," ujar Budi Karya di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Minggu (8/9/2019).

Hanya saja Budi Karya enggan memberi detail soal penganggaran atau merk mobil listrik itu. Ia hanya berkata pengadaan mobil listrik akan memakai metode leasing dan perbedaan ongkosnya diklaim tidak banyak dari mobil biasa. Terkait pemakaian mobil listrik untuk skala lebih luas, Menhub berkata masih banyak proses yang perlu dilakukan agar harga terjangkau, mulai dari segi fiskal, pengadaan tempat charging, ketersediaan mobil listrik, dan baterai.

Budi Karya berkata perlu menjalankan seluruh proses itu secara simultan. Budi Karya juga ingin Indonesia menjadi tuan rumah mobil listrik dan membangun pabrik mobil listrik untuk diekspor. Ia pun menyebut Kementerian Perhubungan, Perindustrian, dan ESDM perlu berkolaborasi demi mencapai visi tersebut. kbc10

Bagikan artikel ini: