PLN UID Jatim gandeng Pemkab Banyuwangi luncurkan program Kuliner Pintar

Selasa, 10 September 2019 | 10:37 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com:  Sebagai inisiatif dalam mengimplementasikan Electrifying Lifestyle dan pengembangan SPLU Net (Stasiun Penyedia Listrik Umum – Internet), PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Timur, Icon+ dan Pemerintah Kabupaten Banyuwangi resmikan Kuliner Pintar Banyuwangi di area Taman Blambangan Banyuwangi. 

Peresmian dilakukan pada Senin (8/9/2019) oleh Vice President Strategi Pemasaran Bisnis Inovatif PLN Kantor Pusat Iman Faskayana,

General Manager PLN UID Jawa Timur Bob Saril, Bupati Kabupaten Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas dan General Manager Icon Plus Jawa Timur Moh. Shodiq.

Kuliner Pintar Banyuwangi ini bertujuan untuk mewujudkan suatu wisata kuliner yang modern, ramah lingkungan, dan cocok menjadi spot selfie bagi masyarakat umum. Isi dari Kuliner Pintar Banyuwangi ini adalah semua warung-warung yang terdapat di kawasan Taman Blambangan tersebut sudah menggunakan kompor induksi bertenaga listrik, penggunaan tenaga listriknya disuplai langsung dari 6 buah SPLU Net yang sudah terpasang lengkap dengan jaringan internet yang dapat diakses semua pengunjung.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jawa Timur, Bob Saril menyampaikan bahwa keberadaan Kuliner Pintar ini merupakan terobosan baru PLN untuk mendukung pemerintah mengembangkan sektor usaha dan meningkatkan perekonomian masyarakat setempat. "Selain penyediaan listrik melalui SPLU, PLn  juga menyediakan internet untuk kawasan tersebut," ujar Bob ketika dikonfirmasi, Surabaya, Selasa (10/9/2019).

Pada acara ini juga dilakukan pemberian santunan secara simbolis dari YBM PLN senilai Rp 30 juta rupiah kepada  anak yatim melalui Yayasan Yatim Mandiri. Selain itu juga diberikan hadiah kepada para pemenang lomba “Kampoeng Terang” dengan tema Merdeka di Era Digital, yang telah diadakan oleh PLN. 

"Perlombaan ini adalah perlombaan kepada kawasan yang memiliki gapura, taman, jalan, balai desa, jembatan, atau lainnya, dan dihias seindah mungkin dengan persyaratan menggunakan Layanan Sementara (PS) PLN dengan paket minimal Rp 170.845," tambahnya.

Peringkat Harapan 1 diraih oleh Gang Dusun Sumberjo RT. 1, Juara 3 diraih oleh Taman Desa Watukebo, Juara 2 diraih oleh Gang Gapura Dusun Sumberjo RW. 1, dan Juara 1 diraih oleh Gang Sawunggaling Desa Olehsari.

"Kami berterimakasih, karena PLN telah memilih Kawasan Kuliner ini sebagai tempat untuk electrifying lifestyle, harapan kami kedepannya hal ini dapat menghadirkan lifestyle yang sehat, nyaman, dan mendorong wisatawan untuk terus tumbuh dari waktu ke waktu di Kabupaten Banyuwangi," ungkap Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas.

Pada acara ini juga ditampilkan berbagai variasi penerapan Electrifying Lifestyle seperti penggunaan kompor induksi, sepeda motor listrik GESITS, sepeda motor listrik VIAR, Ninebot Gokart, Ninebot Segways Minilite, dan Scooter listrik.

Kuliner Pintar ini perdana diterapkan di kawasan kuliner Banyuwangi oleh PLN bersama Pemerintah Kabupaten setempat sebagai pilot project, yang dimana keberhasilannya akan diterapkan oleh PLN unit-unit lainnya. kbc6

Bagikan artikel ini: