BPJS Ketenagakerjaan Surabaya Darmo beri apresiasi 150 perusahaan

Kamis, 12 September 2019 | 08:40 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Sebanyak 150 perusahaan peserta asuransi ketenagakerjaan mendapatkan apresiasi dari BPJS Ketenagakerjaan Cabang Surabaya Darmo. Ke 150 perusahaan tersebut adalah perusahaan yang memiliki kontribusi terbesar dalam kinerja perusahaan plat merah tersebut. 

Apresiasi diberikan dalam kegiatan CRM (Customer Relationship Management) yang digelar di Hotel Bumi Surabaya, Rabu (11/9/2019) malam. CRM sendiri merupakan strategi Yang berorientasi pada customer (customer centric). 

"Ini adalah bentuk apresiasi kami kepada mitra kami, baik dari kalangan Pemerintah Daerah ataupun perusahaan yang sudah menjadi peserta di BPJS Ketenagakerjaan Cabang Surabaya Darmo," ujar Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Surabaya.Darmo, Guguk Heru Triyoko.

Lebih lanjut ia mengatakan, sampai saat ini, ada sekitar 5.287 perusahaan yang telah menjadi peserta asuransi ketenagakerjaan di wilayahnya. Dari jumlah tersebut, tingkat kepatuhan mereka dalam mengikuti sejumlah kebijakan dan program BPJS Ketenagakerjaan Surabaya Darmo masih sekitar 70 persen. 

"Ada sekitar 30 persen yang tingkat kepatuhannya masih rendah. Mereka adalah usaha mikro kecil,  mereka ini  tidak bisa dipaksakan. Namun kami terus melakukan edukasi dan sosialisasi program," tegas Guguk. 

Dan program CRM ini menurutnya juga sebagai upaya untuk melakukan pendekatan dalam upaya mengurangi PDS tenaga kerja maupun Upah yang mungkin masih terdapat pada perusahaan tersebut. Dengan edukasi dan komunikasi yang intens serta pelayanan prima kepada para pelaku usaha, ia berharap tingkat kepatuhan perusahaan yang telah menjadi peserta asuransi menjadi semakin tinggi.

Pada kegiatan tersebut, BPJS Ketenagakerjaan Cabang Surabaya Darmo juga mengundang motivator handal yaitu Anthony Dio Martin untuk memberikan motivasi kepada seluruh undangan yang hadir dengan tema “Personal Power To Success”. Peserta diajak merencanakan, memikirkan dan mengeksekusi apa yang menjadi tugas dan tanggung jawab dengan prinsip 5as, yaitu kerja ikhlas, kerja keras, kerja cerdas, kerja tuntas, kerja berkualitas.

Terkait jumlah peserta, Guguk menyatakan sampai dengan Agustus 2019, kepesertaan Perusahaan aktif  BPJS Ketenagakerjaan Cabang Surabaya Darmo adalah 5.287 perusahaan. Sementara total tenaga kerja aktif untuk Penerima Upah (PU) sebanyak 132.925 tenaga kerja, untuk tenaga kerja aktif yang Bukan Penerima Upah  (BPU) sebanyak 8.033 tenaga kerja dan total Proyek Jakon aktif 745 proyek.

Untuk nilai klaim yang telah dibayarkan, sampai dengan Agustus 2018 Cabang Surabaya Darmo telah membayarkan 12.295 klaim dengan total Rp 148,68 miliar. Pembayaran tersebut terdiri dari 9.923 klaim JHT sebanyak Rp 136,6 miliar, 97 klaim JKM sejumlah Rp 2,8 milyar, 1.504 klaim JKK total Rp 8,77 miliar dan 771 klaim JP sebesar Rp 503,04 Juta.

Pada kesempatan yang sama, Asisten Deputi Bidang Kepesertaan Skala Besar, Kunto Wibowo mengapresiasi atas apa yang telah dilakukan BPJS Ketenagakerjaan Surabaya Darmo. Karena langkah ini akan memberikan efek positif dan bisa menimbulkan hubungan yang harmonis antara kedua belah pihak. 

"Di Pusat, kamu juga memberikan apresiasi yang sama kepada sejumlah perusahaan besar yang menjadi kontributor utama, baik dari sisi iuran, tenaga kerja hingga kepatuhan. Ada 200 perusahaan yang masuk kategori tersebut, seperti HM Sampoerna. Kalau di Pusat, penghargaan yang kami berikan berupa Panitera Award yang langsung diberikan oleh presiden," pungkasnya.kbc6

Bagikan artikel ini: