LPS prediksi perbankan segera pangkas suku bunga kredit

Selasa, 17 September 2019 | 06:13 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) memprediksi industri perbankan bakal segera menyesuaikan suku bunga kreditnya. Hal ini seiring dengan mulai melandainya suku bunga simpanan di perbankan.

Sepanjang Agustus 2019, dari pantauan LPS turun secara bertahap. Rata-rata tingkat bunga deposito rupiah bank benchmark LPS pada akhir Agustus 2019 mencapai 5,95%, turun 13 bps dari posisi akhir Juli 2019.

Sementara rata- rata suku bunga minimum dan maksimum tercatat masing-masing turun 8 dan 18 bps ke level 4,92% dan 6,98%.

Sementara tingkat bunga deposito valuta asing pada periode yang sama juga menunjukkan penurunan meski dalam kisaran yang lebih terbatas di tengah adanya kenaikan terbatas di suku bunga minimum.

Tercatat suku bunga minimum valuta asing naik 2 bps sementara untuk maksimum mengalami penurunan 4 bps ke level 0,61% dan 1,82%.

Tren suku bunga simpanan perbankan mulai menunjukkan tren penurunan merespon penurunan BI7DRR dan langkah pelonggaran yang ditempuh BI. Meredanya kompetisi pada bunga spesial rate memberikan ruang bagi perbankan memperbaiki struktur biaya dana.

“Tren penurunan suku bunga deposito untuk semua tenor dan kelompok bank diperkirakan akan berlanjut secara gradual sebelum berlanjut pada penurunan suku bunga kredit. Adanya penurunan Tingkat Bunga Penjaminan akan memperkuat dan mempercepat proses penurunan tingkat bunga simpanan ke level yang lebih rendah,” tulis LPS dalam catatan Indikator Likuiditas tertanggal 12 September. kbc10

Bagikan artikel ini: