Facebook kenalkan portal TV untuk streaming dan video chat, tertarik?

Jum'at, 20 September 2019 | 08:40 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Facebook memperkenalkan sebuah perangkat baru bernama Portal TV. Perangkat ini merupakan sebuah aksesoris yang dapat terhubung dengan televisi dan kemudian digunakan untuk video chatting.

Perusahaan ini memperkenalkan Portal TV bersama dua perangkat lainnya yakni Portal dan Portal Mini. Portal TV juga dikategorikan Facebook sebagai perangkat pintar untuk berinteraksi dengan sesama pengguna melalui panggilan video.

Jika Portal dan Portal Mini merupakan perangkat yang mirip dengan perangkat tablet, Portal TV punya bentuk yang berbeda. Portal TV merupakan sebuah kamera cerdas yang dapat terhubung dengan televisi dan berbentuk mirip perangkat Xbox Kinect.

Seperti dikutip dari The Verge, Kamis (19/9/2019), Portal TV dapat terhubung dengan televisi melalui port HDMI. Kemudian pengguna cukup melakukan log in pada akun Facebook miliknya dan secara otomatis dapat melakukan panggilan video melalui Facebook Messenger maupun WhatsApp.

Portal TV memiliki kemampuan yang dapat mendeteksi serta mengenali gerakan objek atau pengguna. Portal TV dibekali teknologi kamera cerdas milik Facebook sehingga dapat mengikuti dan menyesuaikan dengan arah gerakan objek seperti melakukan zoom in atau zoom out secara otomatis.

"Fitur ini berguna khususnya untuk anak-anak yang seringkali keluar dan masuk frame selama video call berlangsung," kata perwakilan Facebook.

Perangkat ini juga bisa diaktifkan menggunakan suara, seperti layaknya Google Assistance. Pengguna cukup menyerukan "Hey Portal" dan perangkat akan menyala secara otomatis dan siap melakukan panggilan.

Selain itu, Portal TV juga memiliki kemampuan Augmented Reality (AR) di mana pengguna bisa menambahkan sejumlah filter ketika melakukan panggilan video. Melalui Portal TV, pengguna juga bisa menonton sejumlah acara televisi seperti Amazon Prime video atau CBS All Access.

Portal TV akan mulai dijual pada 5 November 2019 mendatang dengan harga US$149 atau sekitar Rp 2,1 juta. Sayangnya Facebook belum menyebutkan wilayah mana saja yang lebih dulu kebagian perangkat ini. kbc10

Bagikan artikel ini: