Balap mobil Formula E siap digelar 6 Juni 2020, start dan finish di Monas

Sabtu, 21 September 2019 | 07:46 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana menggelar perlombaan balap mobil listrik Formula E 2020 di kawasan Monas, Jakarta Pusat pada tahun depan.

"Saya sampaikan Formula E akan diselenggarakan pada 6 Juni 2020. Lokasi Monas ini yang akan dijadikan sebagai lokasi trek kegiatan balap mobil Formula E," kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat konferensi pers di Monas, Jumat (20/9/2019).

Dia menuturkan, Pemprov DKI dan panitia Formula E masih membahas lintasan untuk balapan mobil listrik. Meski demikian, Anies memastikan perlombaan tersebut akan dilakukan dengan titik awal di Monas dan mengelilingi jalanan ibu kota.

Nantinya, Pemprov DKI akan menugaskan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) dan BUMD terkait untuk membangun sarana dan prasarana penunjang.

"Detail treknya belum dituntaskan, tapi yang jelas digelar di Monas," imbuhnya.

Bukan itu saja, Anies juga memastikan Jakarta tidak hanya menjadi tuan rumah balap mobil Formula E pada 2020, tetapi untuk lima tahun berturut-turut.

Dengan demikian, DKI Jakarta akan menggelar kompetisi Formula E terhitung sejak 2020 hingga 2025. Seperti diketahui, Pemprov DKI mengajukan anggaran sebesar Rp1,6 triliun untuk penyelenggaraan Formula E tahun depan.

Dana tersebut digunakan untuk melunasi biaya pendaftaran (commitment fee), asuransi untuk kendaraan dan pembalap, dan pembangunan sarana-prasarana penunjang.

"Berdasarkan perhitungan konservatif Formula E di Jakarta akan memutar roda perekonomian hingga Rp1,2 triliun. Kalau diselenggarakan hanya satu kali, investasi infrastruktur habis sekali pakai dan enggak memberikan manfaat lagi. Jika kita investasi untuk lima tahun ke depan, kan bisa mengembangkan berbagai aspek," imbuhnya. kbc10

Bagikan artikel ini: