Awas! Jangan unduh dua aplikasi selfie ini dari perangkat Android

Selasa, 24 September 2019 | 07:29 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Para pengguna gadget diimbau lebih bijak terhadap penggunaan atau pengunduhan sejumlah aplikasi yang dinilai memberikan kemudahan.

Kali ini, Google telah menarik paksa dua aplikasi Android yang sudah diunduh lebih dari 1,5 juta kali karena mengandung serangan adware, peretasan dalam bentuk iklan layar penuh. 

Selain merugikan dari sisi materi, serangan itu juga dapat menguras baterai pengguna Android.

Keduanya merupakan aplikasi foto, yakni Sun Pro Beauty Camera (lebih dari 1 juta unduhan) dan Funny Sweet Beauty Selfie Camera (500 ribu unduhan). Jika salah satunya terpasang di ponsel Android Anda, cepat hapus sekarang juga!

"Adware merupakan gangguan bagi pengguna individu. Sementara untuk bisnis, adware dapat membunuh produktivitas. Iklan tidak menarik mengganggu pengguna di tengah alur kerja, menutup paksa laman kerja, hingga menguras baterai," kata perusahaan keamanan seluler, Wandera, seperti dikutip dari Phone Arena, Senin (23/9/2019).

Komentar yang terdapat pada daftar ulasan kedua aplikasi itu pun berisi sentimen negatif, memberi peringatan kepada pengguna Android untuk tidak memasang satu pun dari dua aplikasi itu.

"Sampah tolong jangan mengunduh aplikasi ini, hanya berisi iklan, tak ada yang lain," tulis salah satu pengguna.

Kemudian ada juga yang menuliskan, "Saya tak menemukan hal berguna, hanya iklan-iklan yang tersebar di seluruh (sudut) aplikasi."

Setelah dipasang ke ponsel, Sun Pro Beauty Camera akan terus menampilkan iklan layar penuh, bahkan ketika aplikasi itu tak dibuka. Begitu pula dengan Funny Sweet Beauty Selfie Camera, tapi iklan layar penuhnya hanya muncul ketika pengguna mengunduh foto dengan efek aplikasi.

Serangan iklan layar penuh berpotensi merenggut uang dari pengguna dengan memanfaatkan data di ponsel yang sudah tersusupi lewat iklan.

Wandera melaporkan dua aplikasi itu ke Google pada Rabu (11/9/2019). Setelah itu, kedua aplikasi pun ditendang dari toko aplikasi Android. kbc10

Bagikan artikel ini: