Marak demo, Wiranto jamin pelantikan DPR dan Presiden aman

Rabu, 25 September 2019 | 08:59 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Menteri Koordinator (Menko) bidang Politik, Hukum, Pertahanan dan Keamanan (Polhukam) Wiranto mennjamin rangkaian pelantikan anggota DPR dan presiden terpilih bakal berjalan aman.

Saat ini, ada indikasi terdapat kelompok yang ingin menganggu, namun tidak akan cukup signifikan untuk menghalangi rangkaian pelantikan itu.

"Kalau ditanya aman apa tidak, ya insyaallah terjaga. Karena itu proses yang sudah melalui jalan panjang. Rakyat semua sudah setuju mengakui. Kita harus konsisten, jangan mudah terpancing oleh pihak-pihak tertentu yang ingin mengacaukan," kata Wiranto di Jakarta, Selasa (24/9/2019).

Wiranto meminta semua pihak untuk menyingkirkan berbagai upaya mengagalkan pelantikan.

"Biarkan proses demokrasi berjalan, kepemilihan secara fair sudah dilaksanakan bahkan sudah diputuskan oleh MK," jelas Wiranto.

Dia mengingatkan tidak perlu lagi ada masalah yang menghambat proses pelantikan anggota DPR maupun presiden terpilih. Hal itu karena proses Pileg dan Pilpres, ujungnya sudah ada dan telah diselesaikan di Mahkamah Konstitusi (MK). Kewajiban seluruh rakyat untuk menjaga proses yang ada sampai ujung, yakni pelantikan presiden tanggal 20 Oktober dan pelantikan DPR/DPD tanggal 1 Oktober.

"Sebenarnya ini tugas kita bersama karena itulah muruah demokrasi Indonesia. Kalau kita berhasil dan melaksanakan itu semua maka demokrasi di Indonesia akan dapat penilaian yang tinggi. Jangan kemudian justru, sekarang ada pihak-pihak tertentu yang diduga justru akan mengacaukan proses itu. Membuat onar, membangun opini-opini, mendelegitimasi pemerintah, yang ujung-ujungnya, diduga akan mengacaukan proses pelantikan DPR dan presiden," ujar Wiranto. kbc10

Bagikan artikel ini: