Perluas jaringan, Honda buka diler ke-8 di Surabaya

Rabu, 25 September 2019 | 16:39 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Meski pasar otomotif nasional masih relatif stagnan, namun penguatan jaringan dan perluasan pasar tetap dilakukan agen pemegang merek.

Hal ini pula yang dilakukan PT Honda Prospect Molor (HPM) dengan melakukan pengembangan janngan pemasaran dan pelayanan melalui penambahan diler. Kali ini, HPM resmi membuka diler mobil Honda Prisma HR Muhammad di Surabaya barat. Ini merupakan diler resmi Honda ke-8 di Surabaya dan 154 secara nasional.

President Director PT Honda Prospect Motor Takehiro Watanabe mengatakan, pihaknya berupaya untuk terus menawarkan kemudahan, kenyamanan, serta keamanan bagl konsumen dan calon konsumen Honda.

"Kita berharap perluasan jaringan ini dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat dan memperkuat eksistensi Honda di Indonesia, terutama Surabaya. Selain juga membantu konsumen untuk mendapatkan pelayanan yang lebih cepat dan maksimal," jelasnya pada peresmian diler Honda Prisma HR Muhammad di Surabaya, Rabu (25/9/2019).

Menurutnya, peresmian Honda Prisma HR Muhammad merupakan salah satu komitmen HPM untuk memastikan konsumen mendapatkan kemudahan bukan hanya dalam membeli kendaraan tetapi juga dalam hal purna jual, khususnya di Surabaya. 

Watanabe mengungkapkan, penjualan Honda di Indonesia terus mengalami peningkatan, dan tentunya harus didukung layanan purna jual. “Itu yang harus kami jaga dengan menyediakan layanan purnajual yang bisa menjangkau banyak wilayah,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Busmess Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor, Yusak BIlIy menambahkan Surabaya merupakan salah satu pasar otomonf terbesar dl Indonesia dengan perkembangan kota ini yang sangat pesat.

"Oleh karenanya, Honda kembali membuka diler baru di Surabaya untuk memenuhi permintaan konsumen akan produk dan layanan Honda di daerah ini," ujarnya.

Sepanjang tahun 2019, HPM telah membuka sebanyak 5 diler berstatus 3S (sales, service, spare part) di sejumlah kota. Pihaknya saat ini tengah mematangkan pembukaan diler baru lagi di beberapa wilayah. Namun kapan pembukaan dilakukan, Yusak belum bisa memastikan.

"Namun kita akan terus lakukan seiring dengan peningkatan jumlah konsumen baru, serta pertumbuhan perekonomian di suatu wilayah," tandasnya.

Direktur Honda Prisma HR Muhammad, Vinsen Koerniady menuturkan, dengan luas bangunan hingga 9.987 m2 dengan 6 lantai, Honda Prisma HR Muhammad selain menawarkan layanan 3S juga memiliki beragam fasilitas, mulai waiting lounge, private zone, cafe zone, intemet zone, kids zone, smoking room, wifi, dan musholla

Guna membenkan layanan puma jual yang maksimal, kami memiliki fasilitas servis lengkap dengan 10 bay general repair, 2 bay perawatan berkala, 4 bay quick service, 2 bay final inspection, 1 bay spoonng, 4 bay washing, 5 bay service parking, dan 6 bay reception & delivery. Area spare parts yang luas memastikan ketersedlaan suku cadang Honda yang Ieblh lengkap dan cepat.

"Kami berupaya untuk mendekatkan diri ke konsumen dan calon konsumen, termasuk disediakannya layanan home service untuk jemput bola ke tempat konsumen," jelas Vinsen yang menargetkan bisa menjual 30-40 unit mobil Honda per bulan.

Presiden Direktur Honda Surabaya Center (HSC) selaku main dealer Honda wilayah Jatim, Bali dan Nusra, Ang Hoey Tiong menuturkan, Surabaya telah menjadi pintu gerbang perdagangan di wilayah Indonesia Timur. Kota ini juga memiliki petumbuhan ekonomi di atas nasional. Tak salah jika perluasan jaringan dilakukan sangat massif oleh Honda di kota ini.

"Honda Prisma HR Muhammad ini merupakan diler ke-8 di Surabaya. Tentunya dengan pertumbuhan penduduk dan pusat bisnis yang mengarah ke Surabaya Barat, potensi di sini cukup besar. Makanya kita berupaya lebih mendekatkan diri ke masyarakat," jelasnya.

Hal yang sama juga dipaparkan Marketing and After Sales Service Director HSC Wendy Miharja. Menurutnya, perkembangan Surabaya Barat cukup pesat, baik untuk hunian maupun kawasan bisnis. Oleh karena itu, pihaknya yakin potensi pasar otomotif juga terus bertumbuh bahkan segmen yang dijangkau hingga kawasan Gresik.

"Meski di kawasan Surabaya juga sudah ada dealer existing Honda, namun kita menilai masing-masing memiliki segmen dan jangkauan yang berbeda," katanya.

Ditambahkan Wendy, secara umum pasar otomotif di Jatim hingga akhir Agustus 2019 lalu sebesar 86.827 unit, turun 10 persen dibanding periode yang sama tahun lalu. Sementara penjualan Honda di wilayah ini sebesar 13.918 unit atau menguasai pangsa pasar sebesar 16 persen.

Dari penjualan itu, model Brio masih memberikan konstribusi penjualan terbesar yakni 44,5 persen, disusul Mobilio, HR-V, Jazz, CR-V, dan model lainnya.

"Tapi kami masih optimistis bahwa pasar akan membaik di semester dua ini. Salah satu upaya yang kita lakukan adalah dengan menambah jaringan seperti sekarang ini," pungkas Wendy. kbc7

Bagikan artikel ini: