Potensi besar, CSAP buka outlet Mitra10 ke-32 dan Atria pertama di Surabaya

Kamis, 26 September 2019 | 18:25 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Besarnya potensi pasar bahan bangunan dan home improvement di Surabaya dan Jawa Timur mendasari perusahaan distribusi terbesar dan terkemuka bahan bangunan, kimia dan Consumer Goods/FMCG, PT Catur Sentosa Adiprana Tbk. (CSAP) untuk mengembangkan jaringan toko ritel modern Mitra10 dan Atria di kota ini.

Mitra10 merupakan superstore ke-32 di Indonesia, dan keempat di Surabaya ini menempati area seluas 15.000 m2 dengan selling area seluas 6.500 m2.

Corporate Secretary PT Catur Sentosa Adiprana Tbk, Idrus H. Widjajakusuma menuturkan, Kota Surabaya mempunyai prospek yang sangat baik terutama di segmen residensial. Hal ini pula yangmendasarinya memilih ekspansi di kota ini.

Bahkan, Mitra10 di Surabaya dan Sidoarjo mencapai 4 outlet. Khusus outlet baru di A.Yani, perseroan sekaligus membuka gerai Atria yang merupakan anak usahanya di bidang furnitur.

“Atria ini pertama kali dibuka di Surabaya, karena melihat potensinya besar dengan banyaknya proyek perumahan dan apartemen yang pasti membutuhkan perabotan. Kalau melihat 5 tahun terakhir, segmen untuk renovasi rumah itu tumbuh 10%, dan segmen proyek (desain interior) tumbuh 11%,” katanya pada peresmian otlet baru Mitra10 dan Atria A.Yani Surabaya, Kamis (26/9/2019).

Ditambahkannya, sepanjang tahun 2019, CSAP telah membuka tiga superstore baru Mitra10 dari target lima superstore baru pada 2019. Ketiga outlet tersebut antara lain; Cirebon, Yogyakarta dan hari ini Surabaya. Kemudian berikutnya Mitra10 akan kami buka di Solo dan Makassar sehingga pada akhir tahun total Mitra10 mencapai 34 outlet. 

Untuk menopang rencana ekspansi agresif tersebut CSAP telah mengalokasikan dana belanja segmen ritel sebanyak Rp500 miliar pada 2019. 

"CSAP berupaya menangkap peluang terbaik dengan sinergi  antar bisnis unit kami seperti segmen distribusi, ritel modern bahan bangunan dan furnitur untuk pencapaian yang lebih baik," ujar Idrus.

Selain Mitra10, di lokasi yang sama CSAP juga membuka gerai furniture, Atria. Ini merupakan gerai Atria pertama di Kota Surabaya atau gerai ke-11 di seluruh Indonesia. Atria menempati selling space sebesar 1.500 m2 dan gudang showroom seluas 64 m2 dengan dikelolah oleh total 28 personel toko dan 15 personel gudang.

“Atria ini merupakan cabang pertama yang berlokasi di Jawa Timur, khususnya Kota Surabaya. Dengan mengusung konsep Shop in Shop konsep. Kami menawarkan pengalaman berbelanja yang lengkap, nyaman dan aman," jelas Oktavianus Kusuma, Deputy COO Atria.

Atria merupakan ritel modern furnitur yang menawarkan Stock Keeping Unit (SKU) sebanyak 9.000 item, beragam jenis furnitur mulai dari ruang tamu, kamar tidur, ruang makan hingga dapur dengan kualitas dan desain yang menarik. Produk-produk yang ditawarkan ditata oleh desainer sesuai tema ruangan untuk memudahkan konsumen memilih produk-produk yang tepat dengan nyaman.

Baik Mitra10 maupun Atria menyasar segmen end user properti yakni para pemilik rumah maupun apartemen yang hendak membangun atau merenovasi rumahnya.

Produk yang dijual di outlet ini sebanyak 20% merupakan produk impor, dan 80% merupakan produk lokal. Di dalam area Atria juga terdapat produk dengan merek Aksen, karya mahasiswa jurusan arsitektur interior Universitas Ciputra yang turut dipasarkan.

Idrus menambahkan, dengan menambah outlet-outlet baru di lokasi yang startegis diharapkan dapat memacu pertumbuhan kinerja pendapatan secara konsolidasi 13%  atau tercapai Rp12 triliun tahun ini.

“Untuk bisnis distribusi diharapkan tumbuh 10%, dan ritel modern tumbuh 20%.  Selama ini, khusus di Mitra10, penjualan kami lebih banyak dikotribusi oleh produk kategori flooring atau keramik yang mencapai 30%, ” imbuhnya.

Ditambahkannya, tahun ini CSAP menargetkan pertumbuhan secara konsolidasi sebesar 13% yang ditopang dari target pertumbuhan Distribusi sebesar 10% dan Ritel Modern sebesar 20% untuk menopang target pendapatan konsolidasi Perseroan sebesar Rp 12 triliun pada 2019. kbc7

Bagikan artikel ini: