Kadin Surabaya: Taiwan Expo 2019 jadi peluang untuk memperluas kerja sama bisnis

Jum'at, 27 September 2019 | 04:07 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Ketua Umum Kadin Kota Surabaya, Ali Affandi menyambut baik perhelatan Taiwan Expo 2019  dan Kota Surabaya dipercaya sebagai lokasi. Ia berharap, perhelatan Taiwan Expo 2019 ini akan menjadi kerjasama yang baik perdagangan diantara kedua negara.

"Kami berharap dengan adanya Taiwan Expo 2019 kerjasama perdagangan pemerintah Taiwan dan Surabaya ini bisa menjadi peluang baru dua negara untuk memperluas jaringan bisnisnya. Kami yakin dengan kerjasama ini minat para investor dua negara untuk berinvestasi akan terjalin baik. Saat ini kota Surabaya memiliki peluang besar bagi investor asing  untuk berinvestasi sekaligus memperluas bisnisnya disini,” ungkap Andi, sapaan akrab Ali Affandi, saat pembukaan Taiwan Expo 2019, Surabaya, Kamis (26/9/2019).

Sementara itu, Deputy Executive Director of Taiwan External Trade Development Council, Karen Pai mengatakan, pihaknya mengundang 180 exhibitor dari Taiwan dan menampilkan 190 booth, yang menghadirkan 6 industri utama, yaitu teknologi pintar, pendidikan, budaya, pariwisata, perawatan kesehatan dan makanan halal.

"Dalam Taiwan Expo 2019 ini kami juga menampilkan produk antariksa nasional Taiwan dan asosiasi pengembangan industri antariksa Taiwan. Ini merupakan pertama dilakukan oleh negara kami dan ditampilkan dalam pameran ini,” kata Karen.

Keren Pai menyebutkan berbagai destinasi wisata di Taiwan yang ramah terhadap wisatawan muslim. Ia juga hubungan kerjasama antara Indonesia dan Taiwan semakin banyak dan berkembang.

Pada kesempatan yang sama,  Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Jawa Timur (Jatim) Aries Mukiyono mengungkapkan,  even seperti ini harus sesering mungkin dilakukan guna mempererat hubungan Taiwan dan Indonesia, khususnya Jatim.

"Jatim memiliki potensi yang sangat besar. Jumlah penduduknya saja 40 juga. Ingat, Jatim juga pintu masuk pasar Indonesia timur yang total penduduknya mencapai 150 juta," katanya.

Dia berharap, dengan adanya Taiwan Expo ini, arus investasi dari Taiwan bisa terus meningkat ke Jatim. Dengan begitu, ekonomi yang ada di Taiwan maupun di Jatim akan bersama-sama tumbuh. Sehingga kesejahteraan masing-masing masyarakatnya bisa meningkat.

"Kami siap beri karpet merah pada investor Taiwan untuk berinvestasi di Jatim. Kami akan permudah perizinan sepanjang persyaratan terpenuhi nantinya,” kata Aries.kbc6

Bagikan artikel ini: