Penerapan teknologi bakal kerek kinerja industri ritel tanah air

Jum'at, 27 September 2019 | 07:00 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Perkembangan dunia Teknologi Informasi (TI) kian pesat. Berbagai aplikasi atau teknologi dibuat guna mempermudah dan memperlancar kinerja industri di tanah air, salah satunya teknologi smart ritel. Teknolog ini dipastikan bakal menjadi pemicu percepatan pertumbuhan sektor usaha ritel tanah air.

Channel Manager of Advantech Indonesia, Irwantoro Tjoe di sela pameran produk Taiwan di Surabaya, Kamis (26/9/2019) mengatakan bahwa penggunaan TI dalam aktivitas industri ritel sangat dibutuhkan. Tidak hanya hardware, piranti software saat ini juga telah banyak digunakan. 

"Di Advantech misalnya, telah memiliki software yang didalamnya terdapat layanan store analitik berupa people accounting dan high map. Kedua teknologi dipastikan akan bisa meningkatkan layanan dna sekaligus penjualan," ujar Irwantoro.

Dijelaskannya teknologi people accounting ini berguna untuk mendeteksi berapa jumlah pengunjung yang nantinya bisa dikorelasikan dengan volume penjualan di sebuah ritel modern. "Juga bisa mendeteksi, apakah ada pengaruhnya promo atau event yang diselenggarakan dengan peningkatan penjualan. Ini bisa diketahui," tambahnya.

Sementara teknologi high map berguna untuk mengetahui tata letak yang bagus, dimana saja posisi yang diminati pengunjung dan mana yang tidak. Sehingga pelaku ritel bisa melakukan perubahan letak produk yang dijual. "Jadi kalau ada tempat yang jarang dilihat pembeli, itu bisa kita ubah tata letaknya. Dan ini sangat membantu penjualan," terang Irwanto.

Namun teknologi ini masih belum banyak diketahui pelaku bisnis ritel di Surabaya. Untuk itulah Advantech melakukan sosialisasi dengan mengikuti pameran ini. Harapannya, Advantech bisa masuk pasar Surabaya, pasar terbesar kedua setelah Jakarta. "Kalau teknologi smart ritel Advantech ini belum ada yang menggunakan di Surabaya, klien kami ada di Jakarta," katanya.

Pada kesempatan yang sama, Deputy Director Industry Marketing Department Taiwan External Trade Development Council, Karen Pai mengatakan bahwa kegiatan yang dihelat di Grand City Mall Surabaya ini bertujuan untuk menjalin jejaring antar perusahaan Taiwan dengan Indonesia yang berkembang pesat. 

Dan seminar "Breakthrough in the future smart ritel" akan menjadi media pencerah dengan menghadirkan empat merek pemenang penghargaan dalam menciptakan solusi smart ritel, termasuk Advantech, Acer, Cyberpower dan LIPS.kbc6

Bagikan artikel ini: