Kereta Istimewa ini bisa dipesan ramai-ramai, hanya Rp19 juta untuk 40 orang

Minggu, 29 September 2019 | 08:41 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Inovasi erus dilakukan BUMN angkutan kereta, PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI. Kali ini, KAI meluncurkan layanan eksklusif yang diberi nama Kereta Istimewa. Peluncuran ini bertepatan dengan peringatan HUT PT KAI yang ke-74 tahun.

Peluncuran kereta komersial privat ini berlangsung di Pusdiklat KAI, Jalan Laswi, Kota Bandung, Sabtu (28/9/2019). Peluncuran dilakukan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya dan Dirut KAI Edi Sukmoro yang langsung menjajal kemewahan Kereta Istimewa tersebut.

"Kereta istimewa ini inovasi yang luar biasa. Inovasi selalu dilakukan sehingga masyarakat mendapatkan layanan ada perbedaannya. Eksklusif ada, ekonomi ada," kata Budi usai peluncuran.

Menurutnya, Kereta Istimewa ini merupakan kreatifitas yang patut diapresiasi dari PT KAI. Pasalnya, armada ini dibuat dari kereta yang sudah tak terpakai dan dimanfaatkan kembali.

"Inovasinya kereta yang sudah nggak dipakai lama, secara teknis nggak dipakai, dipergunakan lagi. Jadi inovasinya barang nggak kepakai, dipakai malah eksklusif. Jadi suatu kreatifitas baik," tutur dia.

"Bahkan saya mengusulkan nanti kota khusus kayak Yogyakarta, Solo, kereta bandaranya begini. Tapi desain interior lebih tradisional lagi," menambahkan.

Dirut KAI Edi Sukmoro mengatakan satu rangkaian Kereta Istimewa ini terdiri dari dua jenis kereta KRD. Kereta Istimewa bisa menampung 40 penumpang dalam sekali perjalanan.

Ia menuturkan, Kereta Istimewa rencananya akan melayani rute Jakarta-Cirebon, Jakarta-Bandung, dan Jakarta Semarang. Fasilitas yang tersedia di antaranya ruang rapat, mini bar, lounge, karaoke dan lainnya.

"Kereta istimewa ini cocok untuk bisnis, reuni, event bahkan rekreasi keluarga. Karena jadwal dan lama perjalanan gimana konsumen. Harganya Rp 19 juta untuk 40 penumpang," ujar Edi. kbc10

Bagikan artikel ini: