Rilis versi terbaru, game FIFA 20 diklaim paling laris di dunia

Selasa, 1 Oktober 2019 | 06:37 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Waralaba video game olahraga terlaris, Electronics Arts (EA) meluncurkan game versi terbarunya, FIFA 20 pada akhir pekan lalu. Ini merupakan versi terbaru dari video game sepakbola yang sangat mendunia.

Game baru yang dinamai sesuai dengan badan sepakbola internasional ini mempromosikan menghadirkan mode baru bernama Volta yang menyajikan pertandingan sepakbola di luar stadion, seperti di jalan-jalan kota. FIFA 20 tersedia di PC, Xbox One, dan Playstation 4.

Seperti dilansir dari CNN Business, Senin (30/9/2019), FIFA selalu konsisten menduduki peringkat teratas dalam penjualan game. Mereka hanya sekadar mengubah tahun di dalam judul game.

"Pemain baru, daftar nama tiap klub terbaru, peraturan baru, tim dan stadion semuanya berdasarkan waktu saat ini," kata seorang analis di NPD Group Mat Piscatella.

Keunggulan dari game ini adalah pemain dalam game terlihat seolah-olah seperti diri mereka yang sebenarnya. EA mampu mengscan wajah mereka untuk menciptakan kembali sosok mereka di dunia digital.

Judul olahraga populer lainnya, seperti EA NHL 20 dan Take-Two NBA 2K20, diluncurkan awal bulan ini. Untuk pertama kalinya, NBA 2K memasukkan atlet wanita ke dalam game. WWE 2K20 sendiri akan diluncurkan pada bulan Oktober.

Perlu diketahui, kebanyakan permainan yang berbasis olahraga mengalahkan game lain secara teratur di setiap kategori game, kecuali game action dan tembak-tembakan di Amerika Serikat.

Game FIFA, sekarang di tahun ke-20, telah menciptakan ketagihan pada banyak orang sejauh ini. Orang-orang seperti Shane Solo (34 tahun), seorang pekerja layanan sosial di Washington, DC membeli game itu dari tiap tahunnya. "Rasanya tidak seperti membeli game yang sama," kata Solo.

Dia adalah salah satu moderator Reddit untuk r/FIFA, sebuah komunitas online yang memiliki lebih dari 260.000 pelanggan dan mendapat sekitar 2 juta pengunjung per hari, menurut data yang ditarik dari Reddit. "Akan ada fans garis keras FIFA yang bisa mengajarkan Anda hal-hal tentang permainan yang akan membawa Anda ke level berikutnya," jelasnya.

Menurut data EA pada 2018, FIFA berhasil terjual sebanyak 260 juta kopi sejak awal. Pada bulai Mei, perusahaan memperkirakan bahwa game FIFA baru-baru ini menyumbang 14% dari total pendapatan bersih perusahaan pada tahun fiskal 2018. Bahkan, jika ada yang merusak waralaba FIFA, keuangan EA bisa terancam.

Meskipun FIFA menjadi permainan video olahraga terlaris secara global, menurut EA, game American Footbal yang bernama Madden menduduki peringkat teratas di Amerika Serikat. Sementara judul NBA 2K adalah permainan video olahraga terlaris tahun ini selama tiga tahun terakhir, menurut NPD Group.

"Kami memiliki persaingan yang ketat," kata CEO Take-Two Strauss Zelnick pada konferensi Goldman Sachs Communacopia di New York.

"NBA 2K bukan game olahraga terbesar di dunia. Kehormatan itu diberikan kepada teman-teman kami di EA dengan FIFA," imbuhnya. kbc10

Bagikan artikel ini: