2 Jembatan pembelah lautan sepanjang 7,35 Km bakal hiasi ibu kota baru

Selasa, 1 Oktober 2019 | 18:57 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus mematangkan desain pembangunan infrastruktur di ibu kota baru, Kalimantan Timur (Kaltim). Diungkapkan, bahwa calon ibu kota baru rencananya akan ditopang oleh keberadaan dua jembatan panjang yang membelah lautan.

Melansir informasi dari instagram Kementerian PUPR, Selasa (1/10/2019), disampaikan bahwa kedua jembatan yang akan membelah lautan yakni Jembatan Pulau Balang dan Jembatan Tol Balikpapan-Penajam Paser Utara.

Untuk Jembatan Pulau Balang sepanjang 1,75 km. Proyek yang sudah dimulai sejak 2015 ini ditargetkan penyelesainnya pada Februari 2021.

Sedangkan, pemerintah tengah melakukan prakualifikasi lelang untuk pengerjaan Jembatan Tol Balikpapan-Penajam Paser Utara sepanjang 7,35 km.

Dibangunnya Tol Balikpapan-Penajam Paser Utara diperkirakan mampu memangkas waktu tempuh antara dua kota tersebut dari 3-4 jam (jalur darat) atau 1 jam (menggunakan kapal feri) menjadi sekitar 15 menit. kbc10

Bagikan artikel ini: