Tangkap ikan di laut, nelayan kini bisa pakai aplikasi di smartphone

Rabu, 2 Oktober 2019 | 06:28 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Pemerintah mulai memanfaatkan teknologi untuk mengembangkan kemaritiman. Salah satunya untuk membantu nelayan mencari ikan. Langkah ini juga sebagai antisipasi masuknya era industri 4.0.

Deputi I Bidang Koordinasi Kedaulatan Maritim Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman Purbaya Yudhi Sadewa mengatakan, pemerintah tengah mengembangkan teknologi aplikasi untuk membantu nelayan mencari ikan. Namanya Fish-On.

"Untuk nelayan ada Fish-On. Aplikasi itu digunakan nelayan untuk kasih tahu ikan di mana," ujarnya di Studio CNBC Indonesia, Selasa (1/10/2019).

Purbaya menjelaskan, Fish-On akan memberitahukan nelayan titik di laut yang banyak ikannya. Dengan begitu, nelayan tidak perlu menghabiskan bahan bakar berpindah-pindah titik untuk mencari ikan.

"Jadi mereka bisa hemat biaya," tambahnya.

Fish-On sendiri sudah dilakukan uji coba di beberapa tempat seperti Sukabumi dan Lampung. Di Sukabumi sendiri ada 200 nelayan yang sudah menjajalnya.

"Kita sudah tes di Sukabumi ada 200 nelayan. Di Lampung sebagian. Untuk minggu depan kita akan coba pada nelayan di Jawa Timur," tuturnya. kbc10

Bagikan artikel ini: