Xpander produksi Cikarang kena recall di Vietnam, MMKSI: Masih tunggu investigasi

Kamis, 3 Oktober 2019 | 08:10 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Mitsubishi Vienam mengumumkan penarikan kembali (recall) terhadap sebanyak 14.051 unit Mitsubishi Xpander karena masalah kerusakan pompa bahan bakar.

Seluruh unit Xpander itu diproduksi di pabrik Mitsubishi di Cikarang , Indonesia, periode 14 Agustus 2018 hingga 26 Agustus 2019.

Seperti dikutip dari e.vnexpress, masalah pada pompa bahan bakar ini dapat menyebabkan Mitsubishi Xpander tiba-tiba mengalami mati mesin alias mogok.

Pejabat Mitsubishi Motors Vietnam mengatakan, dari hasil penyelidikan internal yang dilakukan ditemukan komponen impeller plastik di dalam pompa bahan bakar mengalami masalah. Impeller disebut mengembang sehingga menyebabkan pompa bahan bakar tidak bekerja sehingga asupan bahan bakar ke mesin terhenti.

Presiden Direktur PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia, Naoya Nakamura meyampaikan bahwa hingga saat ini belum ditemukan kasus serupa yang terjadi di Indonesia. "Sampai saat ini Mitsubishi Indonesia belum menemukan kerusakan atau potensi kerusakan pompa bahan bakar seperti yang dilaporkan Mitsubishi Motors Vietnam," kata Nakamura di Sumba, Nusa Tenggara Timur, Rabu (2/10/2019).

Menurut Nakamura, Mitsubishi Xpander yang diekspor ke Vietnam memiliki spesifikasi yang sama seperti yang dipasarkan di Indonesia. Bahkan, lanjut dia, supplier pompa bahan bakar yang ditemukan bermasalah di Vietnam juga sama.

"Untuk saat ini, kami akan menyiapkan pengumuman kampanye perbaikan untuk pompa bahan bakar. Keselamatan konsumen merupakan hal yang penting," ujarnya.

MMKSI, lanjut Nakamura, masih akan menunggu investigasi yang dilakukan Mitsubishi Motors Corporation terhadap Mitsubishi Xpander terkait laporan di Vietnam. kbc10

Bagikan artikel ini: