Jumlah startup ditargetkan tumbuh tiga kali lipat di 2024

Kamis, 3 Oktober 2019 | 22:18 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Pemerintah menargetkan jumlah startup tumbuh lebih dari tiga kali lipat hingga tahun 2024.

Menteri Riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi Mohamad Nasir menyebutkan selama lima tahun ini, pertumbuhan startup (perusahaan rintisan) di Indonesia mencapai 1.037. "Nanti, 2020 sampai 2024, ini harus sampai tiga kali lipat. Kalau sekarang 1.307, jadi 2024 itu harus mencapai 4.500 sampai 4.900," ujar Nasir saat membuka pameran inovasi di Jakarta, Kamis (3/10/2019).

Tidak hanya menargetkan jumlah startup, Nasir pun mengatakan jumlah startup yang sudah maju juga akan ditingkatkan."Nah kalau mencapai angka itu, nanti yang akan mature harus di angka 150," kata Natsir.

Jumlah startup yang mature (mapan) masih jauh dari target yang disampaikan Nasir. Startup yang mapan sampai sekarang, bahkan belum mencapai 10 persen dari target tersebut.

"Baru 13 yang mature di Indonesia. Yang lain sudah tahap ke sana (menuju mapan) semua. Jadi, ada beberapa hal yang harus kita dorong karena perkembangan ini kan harus konsisten dan sustainable," ujarnya.

Nasir menambahkan sebelum lima tahun tersebut, pertumbuhan startup di Indonesia sangat sedikit. Ia membandingkan jumlah startup di Indonesia sebelum 2014 dengan jumlah startup di negara lain pada rentang waktu yang sama.

"Contoh, saya melihat dari Iran. Iran itu negara yang selama ini yang diembargo oleh Amerika, tapi pertumbuhan inovasi atau startupnya mulai 2004 sampai 2014 dia itu menghasilkan 1000 startup," katanya.

Nasir sempat tidak meyakini Indonesia akan mampu mengejar pertumbuhan startup yang dialami Iran. "Indonesia pada saat itu satu tahunnya hanya ada 8, 12, 15. Kalau 10 tahun kira kira dapetnya berapa? Jangan dibayangkan. Faktanya kita sangat jauh untuk mencapai target itu," ujarnya.

Pertumbuhan ini dinilai Nasir akan menjadi pertanda baik untuk memicu pertumbuhan ekonomi Indonesia menghadapi persaingan ekonomi global. "Karena itu, kita harus berjuang keras. Kita tidak bisa berhenti di sini. Ekonomi kita bisa membaik, harus lebih baik," kata Nasir.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara menyampaikan Indonesia akan memiliki lima unicorn pada November mendatang. Ini karena dalam waktu dekat akan ada satu startup yang naik tingkat sehingga memiliki valuasi di atas US$1 miliar.kbc11

Bagikan artikel ini: