Marquez kunci gelar juara dunia MotoGP 2019

Minggu, 6 Oktober 2019 | 16:48 WIB ET

BURIRAM, kabarbisnis.com: Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, keluar sebagai juara pada balapan MotoGP Thailand 2019 yang berlangsung di Sirkuit Internasional Buriram, Thailand, Minggu (6/10/2019).

Marc Marquez sukses mengunci gelar juara dunia keenam pada MotoGP setelah sebelumnya start dari posisi ketiga.

Sebelumnya, Marc Marquez merebut gelar juara dunia MotoGP pada 2013, 2014, 2016, 2017, dan 2018.

Marquez berhasil finis pertama setelah menyusul pemegang pole position, Fabio Quartararo (Petronas Yamaha),

Dia pun menyelesaikan balapan di urutan terdepan dengan catatan waktu 39 menit 36,223 detik, disusul rival terdekatnya yakni Fabio Quartararo (Petronas Yamaha) dan Maverick Vinales (Monster Energy Yamaha).

Dengan kemenangan ini, Marquez pun kini genap mengumpulkan 325 poin. Jumlah tersebut tidak mungkin lagi terkejar oleh Dovizioso (Ducati) yang menduduki peringkat kedua klasemen MotoGP 2019.

Sementara itu jalannya balapan sendiri, Marc Marquez langsung tancap gas dengan merangsek masuk untuk bertarung dengan dua rider terdepan yakni Fabio Quartararo dan Maverick Vinales.

Andrea Dovizioso yang start dari urutan ketujuh langsung tampil agresif dengan merebut posisi keempat untuk menjaga peluangnya menjegal gelar juara Marquez.

Duel sengit langsung terjadi antara Quartararo, Vinales dan Marquez di mana mereka lansgung mulai membuat gap dari para pesaingnya.

Balapan menyisakan 20 putaran, Fabio Quartararo dan Marc Marquez mulai membuat jarak dengan Vinales yang berada di urutan ketiga.

Silih berganti, Marc Marquez dan Fabio Quartararo saling mencatatkan fastest lap hingga balapan memasuki putaran ketujuh.

10 putaran terakhir, Marc Marquez semakin mendekati posisi Fabio Quartararo yang sejak awal balapan mampu mempertahankan posisinya. Marc Marquez tampak sangat sabar berada di belakang Fabio Quartararo.

Jelang 5 lap terakhir, Marc Marquez mulai mengancam dan mencari celah untuk menyalip Fabio Quartararo. Hingga 2 lap terakhir, Quartararo bekerja keras menahan tekanan Marquez.

Di lap terakhir, Marquez bertarung sengit dengan Quartararo. Sempat disalip, Quartararo berhasil merebut kembali pimpinan balapan di tikungan terakhir.

Sayangnya, cut back Marquez berhasil membuatnya menang MotoGP Thailand 2019.

Hingga balapan berakhir Marc Marquez mampu mengamankan posisinya dan menyegel juara dunia, diikuti Quartararo di urutan kedua dan Vinales di urutan ketiga.

Kemenangan ini membawa Marc Marquez memenangkan MotoGP Thailand sekaligus menjadi juara dunia MotoGp 2019. kbc10

Bagikan artikel ini: