Infrastruktur RI masih kalah dibanding negara tetangga

Selasa, 8 Oktober 2019 | 06:50 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Indonesia dinilai masih mengalami defisit infrastruktur, bahkan masih kalah jika dibandingkan beberapa negara di Asia Tenggara.

“Kalau dilihat dari posisi pesaing kita, dibandingkan negara-negara tetangga kita, masih belum sepenuhnya mengejar ketertinggalan misalnya dibandingkan Malaysia, Thailand, dan Vietnam," ujar Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Thomas Lembong di kantornya, Jakarta, Senin (7/10/2019).

Dia menjelaskan, di era pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Jusuf Kalla, pembangunan infrastruktur terus digenjot. Hal tersebut dilakukan untuk mengejar ketertinggalan.

Namun, di saat Indonesia gencar membangun infrastruktur, negara lainnya pun tak tinggal diam. “Soal defisit infrastruktur kita, meskipun kita lari kencang dan kerja keras untuk terus membangun infrastruktur, negara tetangga, negara saingan kita kan tidak berdiri diam, mereka juga lari kencang, mereka juga gencar mengembangkan infrastruktur," kata Thomas.

Atas dasar itu, Thomas berharap pembangunan infrastruktur di periode kedua Presiden Jokowi tetap dilakukan. “Program infrastruktur harus, bukan hanya jalan tol, kalau bisa diakselerasi lebih cepat dan lebih banyak lagi," ucap dia. kbc10

Bagikan artikel ini: