Instagram rilis aplikasi baru Threads, ini keunggulannya

Selasa, 8 Oktober 2019 | 07:58 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Facebook baru saja meluncurkan aplikasi chat mandiri untuk pengguna Instagram, yakni Threads. Ini adalah aplikasi perpesanan khusus pengguna Instagram yang ada dalam daftar Close Friends.

Melansir Business Insider, Threads dirancang sebagai ruang pribadi yang didedikasikan untuk berkomunikasi dengan orang-orang yang memang sering berinteraksi dengan Anda di platform berbagi foto dan video tersebut.

Close Friends sendiri adalah fitur yang diperkenalkan Instagram tahun lalu, yang memungkinkan pengguna berbagi Story yang lebih intim atau terpilih dengan sekelompok follower yang bisa Anda pilih.

Salah satu opsi dari Threads adalah status pendek yang bisa selalu diupdate, serta status otomatis yang membiarkan Threads memperbarui status Anda secara otomatis menggunakan masa pakai baterai di perangkat Anda, lokasi real time, serta koneksi jaringan. Threads bisa memberi tahu follower Anda kala Anda meng-charge, menyetir, atau bekerja.

Soal fitur otomatis ini, Facebook menggarisbawahi bahwa Threads tidak membagikan lokasi akurat Anda, serta informasi lokasi Anda tidak disimpan di server Facebook. Jadi, privasi Anda tetap aman.

Pola chat di Threads sebenarnya sama saja dengan DM Instagram. Yakni Anda bisa mengirim pesan, foto, video, serta Story. Bahkan chat yang Anda lakukan di Threads juga akan muncul di aplikasi Instagram Anda.

Bedanya, laman antarmuka Threads lebih menonjolkan messaging dan juga penggunaan kamera. Soal kamera, kamera akan langsung terbuka ketika Anda membuka aplikasinya.

Threads dianggap cukup mirip dengan Snapchat, terutama soal ketika membuka aplikasi langsung membuka kamera.

Sebelumnya, Instagram bersama perusahaan induknya yakni Facebook, sudah lama secara terang-terangan menyalin fitur Snapchat dan mengintegrasikannya ke platform mereka. Paling sukses, tentu Instagram Story.

Tak cuma sukses, Instagram Story bahkan melampaui jumlah pengguna Snapchat. Di Januari 2019, pengguna Instagram Story tercatat mencapai 500 juta pengguna harian. kbc10

Bagikan artikel ini: