Google tegaskan seluruh smartphone keluaran 2020 wajib jalankan Android 10

Rabu, 9 Oktober 2019 | 09:55 WIB ET

MOUNTAIN VIEW, kabarbisnis.com: Google baru saja meluncurkan Android 10 pada awal September 2019 lalu. Google pun mengonfirmasi, jika semua ponsel yang diluncurkan setelah 31 Januari 2020 harus mengoperasikan sistem operasi terbaru itu. 

Menurut Pengembang XDA, Google akan mengotorisasi penggunaan GMS (Layanan Seluler Google) hanya jika OEM telah menyediakan bangunan berdasarkan Android 10 terbaru. Langkah yang dibuat oleh perusahaan Mountain View adalah untuk memastikan semua produsen akan menyediakan perangkat lunak terbaru bagi pengguna mereka.

Dengan demikian Google dapat mengeluarkan pembaruan keamanan yang tepat waktu. Namun, dokumentasi mengatakan, "bangunan" ponsel harus sudah disetujui sebelum 31 Januari.Artinya secara teknis dimungkinkan bagi pabrikan untuk meluncurkan ponsel setelah tanggal tersebut dengan OS Android lebih lama. Syaratnya, perangkat lunak dari ponsel sudah siap sebelumnya.

GMS pada dasarnya adalah paket aplikasi Google, termasuk Google Play Store dan Layanan yang disediakan oleh semua smartphone di luar China. Satu pengecualian utama adalah seri Mate 30, yang diluncurkan di seluruh dunia tanpa Layanan Google karena larangan perdagangan yang diberlakukan AS terhadap Huawei.kbc10

Bagikan artikel ini: