Stasiun Gambir tak lagi layani kereta api jarak jauh mulai 2021

Kamis, 10 Oktober 2019 | 08:33 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Kementerian Perhubungan memastikan jika layanan angkutan Kereta Api (KA) jarak jauh yang beroperasi di Stasiun Gambir, Jakarta, akan dipindahkan ke Stasiun Manggarai mulai akhir 2021.

Kasubag Humas Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, Supandi mengatakan, perpindahan itu menunggu proyek revitalisasi Stasiun Manggarai selesai.

"Iya konsepnya seperti itu akhir 2021 (KA jarak jauh) dipindahkan ke Manggarai. Jadi pembangunan stasiun Manggarai itu kan salah satu proyek double double track Manggarai-Cikarang, itu akan dibangun untuk meningkatkan kapasitas," kata dia, Rabu (9/10/2019).

Ia mengatakan, perpindahan ini dilakukan karena Stasiun Manggarai lebih memungkinkan untuk dikembangkan kapasitas pelayanan dibandingkan Stasiun Gambir.

"Jadi ini lebih mudah dikembangkan daripada di stasiun Gambir yang sudah mentok seperti itu. Apalagi Stasiun Gambir kan masuk ring 1," ujar Supandi.

Nantinya jalur KA jarak jauh akan berada di lantai 2 bersama jalur KRL Bogor Line. Sedangkan di lantai 1 akan ditempati KRL Bekasi Line dan KA Bandara.

Di kedua lantai ini memiliki jalur yang banyak sehingga bisa menampung berbagi jenis KA maupun KRL.

"Nah nanti di Manggarai sendiri akan dibuat grade yang ground floor sekarang di situ ada 8 jalur kemudian di lantai 2 dibangun 10 jalur," pungkasnya. kbc10

Bagikan artikel ini: