Berkat inovasi ini, kinerja SiCepat Ekspres melesat 138% di semester I

Jum'at, 11 Oktober 2019 | 06:09 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Perusahaan ekspedisi PT SiCepat Ekspres Indonesia mencatat lonjakan atau kenaikan barang, baik pick up maupun pengantaran dari partner business, yaitu online shop dan e-commerce.

Chieff Marketing Officer (CMO), Wiwin Dewi Herawati mengatakan, jika saat ini, terdapat lebih dari 1 juta penjual telah bergabung dengan SiCepat Ekspres. 

Ia menargetkan pertumbuhan ekspedisi SiCepat di semester pertama mencapai sebesar 138%. Hal tersebut, disokong inovasi berupa sistem proses paket yang difoto dan ditimbang dengan timbangan digital, sebelum resi keluar dari mesin.

Hal ini untuk memudahkan bagi mereka jika ada komplain mengenai berat yang tidak sesuai dengan fisik/packaging barang yang diterima, akan dicocokan dengan foto tersebut.

"Dengan adanya teknologi ini, maka SiCepat mampu mengefisiensikan proses penerimaan barang dimana sampai akhir tahun ditargetkan sebesar 300,000 paket/hari sudah tercapai pada bulan September, sehingga angka target tersebut meningkat menjadi 400,000 paket/hari sampai akhir tahun ini," jelas Wiwin di Jakarta, Kamis (10/10/2019).

Pada 2020, dengan proyeksi pertumbuhan bisnis digital yang lebih menantang, SiCepat menaikkan target kapasitas mencapai 1 juta paket per hari. Untuk menyiapkan hal tersebut, pihaknya akan menambah lagi 60 gerai sampai akhir tahun.

Sementara saat ini, SiCepat sudah memiliki 737 gerai yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia. 

"Bulan Oktober, November, dan Desember akan bangun total 60 gerai, per bulan ada 20 gerai. Untuk biaya pembangunannya, satu gerai bisa senilai Rp 100 juta sampai Rp 250 juta," lanjutnya.

Sampai akhir tahun, target pendapatan SiCepat berada di angka Rp 1,5 triliun. Tahun mendatang, pihaknya menargetkan pendapatan tiga kali lebih besar.

Saat ini, e-commerce yang telah bergabung dengan SiCepat Ekspres, antara lain Tokopedia, Bukalapak, Shopee, Lazada, Blibli, Zilingo, Jakmall dan lainnya. kbc10

Bagikan artikel ini: