Produsen ponsel kini berlomba bawa perangkat fast charging

Jum'at, 11 Oktober 2019 | 21:23 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Selain kamera, saat ini kalangan produsen ponsel juga berlomba menghadirkan teknologi pengisi daya cepat alias fast charging. Kini mengisi daya baterai 4.000 mAh bisa dilakukan hanya dalam 30 menit saja. 

Hal ini bisa dilakukan dengan pengisi daya 65W besutan Oppo pada ponsel Reno Ace. Pengisi daya super cepat ini mengguakan teknologi SuperVOOC Fast Charge 2.0. Sebelumnya, Oppo juga sudah memperkenalkan pengisian daya cepat 50W. Teknologi ini bisa mengisi baterai 3.700 mAh selama 35 menit pada ponsel Oppo R17 Pro. 

Tak ketinggalan, anak merek Oppo, Realme juga menyematkan pengisian daya cepat. Realme X2 Pro sudah menggunakan pengisi daya 50W yang bisa mengisi baterai 4.000 mAh selama 35 menit. Jika ponsel hanya dicas selama 10 menit, baterai akan terisi 40 persen. Tawaran menarik jika pengguna sedang terburu-buru dan baterai hampir habis. 

Tak cuma Oppo, Xiaomi juga sudah gembar-gembor kemampuan pengisian daya cepat miliknya. Lewat media sosial, Xiaomi sempat melemparkan hasil pengetesan yang mampu mengisi penuh baterai 4.000 mAh dalam 17 menit. Pengisian daya secepat ini berkat pengisi daya 100W miliknya, seperti ditulis ZDnet.

Namun, teknologi Xiaomi ini belum dipasang pada perangkat apapun. Terakhir Xiaomi mengumumkan teknologi Mi Charge Turbo, awal bulan ini seperti dilaporkan situs komunitas XDA Developer. 

Ini adalah teknologi pengisi daya cepat Xiaomi berkekuatan 30W. Pengisi daya ini bisa mengecas baterai 4.000 mAh selama 70 menit. Baterai akan terisi 50 persen dalam 25 menit. Diperkirakan teknologi ini akan ditanam pada Xiaomi Mi9 Pro 5G yang akan meluncur akhir bulan ini.

Pengisian daya cepat memang tengah populer. Produsen berlomba menyematkan fitur ini pada ponsel-ponsel mereka. Apple telah menyematkan pengisi daya cepat sejak peluncuran iPhone 8 dan iPhone X. 

Samsung juga sudah menyematkan fitur ini pada ponsel seri menengah mereka, Galaxy A. Mulai dari Galaxy A20 hingga seri flagship seperti Galaxy Note 10+ sudah dilengkapi pengisi daya cepat meski dengan kekuatan berbeda. Makin tinggi angka watt per jam yang diterakan, makin cepat baterai terisi.

Oppo bisa dibilang cukup agresif memperkenalkan fitur ini. Sebab, ia terbilang pionir di teknologi pengisi daya cepat ini sekitar tahun 2016. kbc10

Bagikan artikel ini: