Red Planet bidik pertumbuhan okupansi 90% di akhir 2019

Jum'at, 11 Oktober 2019 | 21:41 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Perusahaan jaringan hottel PT Red Planet Indonesia Tbk (PSKT) tengah berburu berkah dari libur akhir tahun pada kuartal akhir ini. Red Planet Indonesia memprediksi okupansi pada libur akhir tahun mendatang bisa mencapai 90%.

Direktur Utama PSKT NG Suwito mengatakan, Red Planet tak muluk-muluk meraih pertumbuhan kinerja sampai tutup tahun 2019. Malah, dia memproyeksi pendapatan pada tahun ini bakal 3% lebih rendah ketimbang perolehan tahun 2018, pendapatan pada 2018 sebesar Rp 75,62 miliar.

Sementara pendapatan Red Planet pada semester awal 2019 sebesar Rp 31,73 miliar atau turun dari periode yang sama tahun 2018 Rp 34,81 miliar. Tahun ini merupakan tahun yang menantang bagi perusahaan lantaran ada beberapa sentimen negatif yang mempengaruhi kinerja.

Misalnya saja pengaruh harga pesawat domestik yang tinggi menjadi salah satu faktor menurunnya tingkat okupansi hotel. Bahkan pada awal tahun ini tingkat okupansi Red Planet Hotels pernah menyusut hingga 15% lantaran melonjaknya harga tiket domestik.

Sebagai informasi, PSKT memiliki tujuh hotel yang tersebar di Jakarta, Bekasi, Solo, Surabaya, Palembang, Pekanbaru, dan Makassar. Total kamar yang dari keseluruhan hotel tersebut mencapai 1.058 kamar. Selain itu diketahui pula emiten ini juga mengelola satu hotel bintang empat di Bukittinggi, yakni Hotel Pusako. "Saat ini yang berkontribusi paling banyak Jakarta, Palembang, dan Bekasi," ujarnya, Jumat (11/10/2019).

Guna meningkatkan kinerja, PSKT saat ini juga makin agresif dalam pemasaran salah satunya dengan memasang iklan secara online. Suwito menambahkan secara rata-rata tingkat okupansi hotel mereka pada 2019 sebesar 79%, pada semester awal, tingkat okupansi hotel PSKT ini hanya tembus sekitar 65%-68%.

Dengan terus melakukan strategi perusahaan dan didukung kondisi yang lebih baik, PSKT memperkirakan pertumbuhan pendapatan bisa mencapai 5% hingga 10% pada tahun depan. Saat ini Red Planet belum berencana menambah atau membangun hotel baru. kbc10

Bagikan artikel ini: