Serikat Pekerja BUMN Bersatu usulkan 3 nama ini jadi menteri BUMN

Kamis, 17 Oktober 2019 | 13:01 WIB ET

JAKARTA - Federasi Serikat Pekerja (SP) BUMN Bersatu mengusulkan tiga nama yang dinilai pantas menduduki jabatan menteri BUMN.

Organisasi yang dipimpin FX Arief Poyuono sebagai ketua presidium dan Tri Sasono sebagai sekretaris jenderal, mengusulkan Budi Karya Sumadi, Tito Sulistio, atau Achmad Baiquni, kepada Presiden Joko Widodo untuk diangkat menjadi menteri BUMN.

Budi Karya Sumadi merupakan alumnus Universitas Gadjah Mada yang saat ini menjabat menteri perhubungan dan pernah menjadi direktur utama Angkasa Pura II. Budi Karya adalah profesional yang mempunyai pengalaman birokrasi.

Tito Sulistio yang pernah menjabat direktur utama Bursa Efek Indonesia (BEI) menyelesaikan pendidikan sarjana strata satu (S-1) di Universitas Indonesia, serta S-2 di Brussel City College Belgia, dan S-3 bidang hukum di Universitas Pelita Harapan. Tito adalah profesional nonpartai yang bekerja berdasarkan target.

Achmad Baiquni meraih gelar S-1 dalam bidang ekonomi di Universitas Padjadjaran, lalu melanjutkan pendidikan di Asian Institute Management Filipina. Baiquni yang saat ini menjadi direktur utama BNI adalah bankir profesional yang berpengalaman di BUMN.

Meski mengajukan ketiga nama tersebut, Federasi SP BUMN Bersatu akan tetap mendukung keputusan Presiden Joko Widodo apabila tetap mempertahankan Rini Soemarno sebagai menteri BUMN dalam rangka kesinambungan pengelolaan BUMN. kbc2

Bagikan artikel ini: