Ketika chef selebriti Renatta padukan kuliner nusantara dengan Guinness FES

Sabtu, 19 Oktober 2019 | 07:08 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Indonesia memiliki banyak ragam makanan tradisional andalan. Potensi ini membuat Guinness untuk ikut mengeksplor keragaman kuliner nusantara melalui ajang 'Guinness Food Pairing Experience'.

Program ini berlangsung di Surabaya, Manado, Medan dan ditutup di Jakarta pada Oktober hingga November 2019.

Ini adalah gelaran di tahun kedua, dan Guinness kembali bereksperimen bersama Guinness Chef Representative Renatta Moeloek menjelajahi kejutan uniknya berbagai makanan di empat kota Indonesia dan memperkenalkan cara baru menikmatinya. Guinness sendiri merupakan bir hitam nomor satu di dunia.

Brand Manager Guinness Indonesia, Bayu Hanandhika mengatakan, di acara Guinness Food Pairing Experience, Guinness membawa pengalaman berbeda menikmati Foreign Extra Stout (FES) dengan memperkenalkan rasa hasil perpaduan Guinness FES yang rasanya kaya dan berani dengan makanan Indonesia yang kaya rempah. Perpaduan ini menghadirkan pengalaman kuliner yang berbeda yang selalu dikejutkan dengan keunikan cita rasa masing-masing daerah.

”Cita rasa rempah Indonesia yang khas dapat ditemukan pada berbagai makanan yang sehari-hari dinikmati konsumen. Bersama Guinness Chef Representative Renatta Moeloek, Guinness mengajak konsumen menjelajah belantara kuliner, dari makanan utama hingga makanan penutup yang apabila dipadukan dengan Guinness FES yang kaya dan berani, akan memberikan sensasi rasa yang luar biasa," katanya di sela Guinness Food Pairing Experience di Holywings, Surabaya, Jumat (18/10/2019).

Yang unik, Bayu bilang, di tahun ini selain mengeksplorasi makanan utama seperti yang dilakukan tahun lalu, Guinness FES juga akan dinikmati dengan makanan penutup khas daerah tersebut.

Di Surabaya sendiri, pihaknya cukup mengapresiasi mengingat Surabaya dan Jawa Timur merupakan salah satu daerah yang dikenal memiliki banyak ragam kuliner khas daerah dan sangat vibrant, sehingga menarik untuk dijelajahi bersama Guinness FES.

"Di sini, Chef Renatta Moeloek menyiapkan dua menu makanan yang khas Surabaya, yakni sate kelopo yang kaya akan rempah untuk dinikmati bersama dengan Guinness FES menghasilkan harmoni rasa yang mencengangkan. Selain itu, Renatta juga memasakan Nasi Cumi Guinness, dimana Guinnes FES menjadi salah satu bahan dalam resep nasi cumi yang melegenda di Surabaya. Guinness FES memberikan rasa seimbang pada menu yang sering dijumpai masyarakat Surabaya. Ini yang mengasyikan untuk dinikmati," beber Bayu.

Dengan mengkombinasikan rasa asin, manis, dan umami (gurih) cita rasa yang ditawarkan akan terasa lebih kontras, dan memunculkan sensasi baru yang mampu memberikan keseimbangan rasa dalam sebuah hidangan. Rasa rempah yang begitu dominan menjadi sensasi yang terasa nikmat dan pasangan yang sempurna dinikmati bersama Guinness FES.

"Demikian juga dengan tiga kota lainnya, yang tentunya akan kami eksplor untuk dinikmati masyarakat dengan sensasi yang berbeda," ujarnya.

Ke depan pihaknya akan terus memperluas program Guinness Food Pairing Experience, dan bukan tidak mungkin akan memperluas ke kota baru, dan lokasi-lokasi pilihan yang telah menjadi destinasi kuliner masyarakat. kbc7

Bagikan artikel ini: