Airy Syariah perluas jaringan ramah wisatawan muslim di Indonesia

Senin, 21 Oktober 2019 | 06:50 WIB ET

SINGAPURA, kabarbisnis.com: Accomodation Network Orchestrator (ANO) yang bermitra dengan berbagai hotel budget, Airy berkomitmen untuk memajukan ekosistem pariwisata ramah wisatawan Muslim di Indonesia.

Kali ini, Airy memperkenalkan Airy Syariah, layanan unggulan Airy yang menghadirkan akomodasi yang menerapkan prinsip syariah. Hingga saat ini, Airy diperkuat lebih dari 400 properti syariah di lebih dari 50 kota di Indonesia. Ini  menjadikan Airy sebagai perusahaan ANO lokal terbesar yang menerapkan prinsip syariah di Tanah Air.

VP Commercial Airy, Viko Gara mengatakan, prospek wisata muslim di Indonesia saat ini memang sangat menjanjikan, pemerintah dan beberapa stakeholder lainnya mulai berbenah untuk menggarap industri ini.

“Airy sebagai salah satu perusahaan penggerak industri pariwisata dan ANO nomor satu yang berkelanjutan serta menguntungkan di Indonesia optimistis membantu pemerintah dalam mewujudkan ekosistem pariwisata yang Muslim-friendly di Indonesia," katanya melalui keterangan tertulis, Minggu (20/10/2019).

Viko menambahkan, selain prospek yang menjanjikan, hadirnya akomodasi berbasis syariah di  Indonesia, lebih banyak disebabkan oleh keinginan pemilik properti untuk menyediakan akomodasi yang aman, nyaman dan tenang untuk para tamu.

“Para pemilik properti mitra Airy acap kali mengemukakan keresahan serta kekhawatiran terhadap properti mereka akan menarik perhatian pasangan yang belum menikah. Sebagai mitra, Airy pun membantu mencari solusi untuk permasalahan ini dengan menghadirkan konsep akomodasi yang menerapkan prinsip syariah," ulasnya.

Tak hanya diperkuat penduduk muslim terbesar di dunia (lebih dari 207 juta jiwa), Indonesia juga memiliki kekayaan alam – termasuk berbagai situs sejarah Islam, yang semakin memperkuat posisinya sebagai pasar potensial untuk wisata Muslim tingkat global. Beberapa titik kunjungan juga mendapatkan apresiasi internasional, seperti Lombok sebagai “Best Muslim tourism & Honeymoon Destination” (World Halal Travel Summit 2015), dan Bandar Udara Sultan Iskandar Muda, Aceh, yang dianggap sebagai “World’s Best Airport for Muslim Travelers”.

Selain itu, preferensi masyarakat Indonesia pun positif terhadap layanan syariah. Berdasarkan survey internal Airy, mendapati bahwa 60% wisatawan Indonesia menganggap penting akomodasi berbasis syariah. Sementara, dari sisi pemerintah, BAPPENAS dalam Masterplan Ekonomi Syariah 2019-2024 juga menjadikan pengembangan wisata Muslim sebagai salah satu fokus prioritas.

Dikembangkan sejak 2016, Airy menjadi  ANO terbesar yang mengimplementasikan konsep akomodasi yang ramah bagi wisatawan Muslim di Indonesia. Properti Airy Syariah berupaya menghadirkan lingkungan yang Muslim-friendly sehingga pengguna merasakan pengalaman tinggal tanpa was-was. 

Beberapa fasilitas yang tersedia di Airy Syariah, antara lain makanan dan minuman ringan  bersertifikasi halal, serta muslim-friendly amenities. Pengguna juga akan langsung merasakan perbedaan suasana ketika mengunjungi Airy Syariah – yakni lingkungan yang ramah wisatawan Muslim, seperti adanya ucapan salam oleh petugas properti, pakaian resepsionis dan housekeeper yang memenuhi kaidah Islam, adanya kelengkapan ibadah: seperti mushola, peralatan sholat, arah kiblat dalam kamar, dan Alquran. Tak terkecuali, penerapan ketentuan menunjukkan bukti menikah bagi pengguna yang datang berpasangan, demi menjaga kenyamanan sesama pengunjung dan masyarakat sekitar properti. 

Di samping itu, seperti kategori properti lainnya, Airy tegas menetapkan standar Jaminan Kenyamanan di seluruh akomodasi Airy Syariah. Setiap kamar menyediakan air conditioner, jaringan Wi-Fi, televisi layar datar, tempat tidur yang bersih, air minum, makanan ringan, perlengkapan dasar mandi, dan air panas. kbc7

Bagikan artikel ini: