Komitmen ciptakan seniman muda, Faber-Castell resmikan kantor berkonsep art centre

Selasa, 22 Oktober 2019 | 20:16 WIB ET
Presdir PT Faber-Castell International Indonesia, Yandramin Halim (kanan) menunjukkan hasil karya seniman Jawa Timur di galeri gedung Faber-Castell di Surabaya, Selasa (22/10/2019).
Presdir PT Faber-Castell International Indonesia, Yandramin Halim (kanan) menunjukkan hasil karya seniman Jawa Timur di galeri gedung Faber-Castell di Surabaya, Selasa (22/10/2019).

SURABAYA, kabarbisnis.com: Produsen alat tulis Faber-Castell berkomitmen untuk menumbuh kembangkan minat dan bakat seni menggambar dan melukis di kalangan anak muda Tanah Air. Selain melalui perlengkapan tulis dan media, upaya itu juga diwujudkan dengan diwadahinya masyarakat yang berminat pada seni tersebut, melalui tempat yang representatif.

Salah satunya dengan diresmikannya gedung baru di Surabaya sebagai pusat bisnis dan seni untuk wilayah Jawa Timur, Bali dan Nusa Tenggara.

Presiden Direktur PT Faber-Castell Internasional Indonesia, Yandraman Halim mengatakan, gedung baru Faber-Castell ini merupakan bagian dari komitmen Faber-Castell untuk terus berkembang, khususnya di wilayah Jawa Timur.

"Keberadaan gedung Faber-Castell di Surabaya ini melengkapi dan memperkuat jaringan bisnis Faber-Castell di seluruh Indonesia yang kini sudah ada di Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Makasar dan Samarinda," kata Halim di sela peresmian kantor cabang Faber-Castell di Surabaya, Selasa (22/10/2019). 

Dijelaskan Halim, gedung tersebut berkonsep “Art Centre”, dimana memiliki fasad menarik yang menampilkan warna-wama yang dipakai dalam alat gambar Faber-Castell. Selain itu, di ruang lobby utama, juga terlihat dua unit pencil ceiling yang dibuat dari pensil warna Polychromos Faber-Castetl.

"Gedung ini dirancang untuk menjalankan misi Group Faber-Castell untuk menciptakan pengalaman kreatif yang menginspirasi ekspresi diri," ulas Halim.

Ditambahkannya, keberadaan gedung lima lantai tersebut diharapkan akan bisa mendukung minat para calon atau seniman muda di Jawa Timur untuk mengasah bakatnya. Ini diwujudkan dengan bakal digencarkannya segala kegiatan seni seperti pelatihan seni gambar dan rupa dari seluruh pemangku kepentingan Faber-Castell di Jawa Timur.

Tak hanya itu,  Faber-Castell akan aktif menggelar pameran seni di gedung tersebut dengan semangat #Art4All atau seni untuk semua orang, yang tengah digencarkan Faber-Castell. Selama ini pun pihaknya juga rutin menggelar beragam lomba menggambar dan melukis mulai tingkat TK, SD< SMP, SMA hingga keluarga.

Halim menambahkan, gedung ini juga akan dilengkapi dengan ruang galeri untuk memberikan pentas terutama bagi seniman muda atau seniman pemula untuk bisa menampilkan hasil kreativitas mereka. 

"Saat ini juga sedang dipamerkan beberapa artwork, karya dari beberapa seniman asal Jawa Timur dan para pemenang Iomba gambar baik kategori dewasa maupun anak," ungkap Halim.

Selain itu, keberadaan kantor ini juga untuk mempercepat proses bisnis dan distribusi untuk melayani pasar Jawa Timur, Bali, dan Nusa Tenggara.

Halim menuturkan, penjualan alat tulis Faber-Castell terus tumbuh. Saat ini, pasar Faber-Castell 70 persen diantaranya masih didominasi untuk anak-anak. Meskipun pada beberapa tahun terakhir kegiatan mewarnai untuk dewasa juga tengah menjadi tren. 

"Tak hanya pasar domestik, pabrik Faber-Castell di Cibitung dan Semarang juga telah memasok produk alat tulis ke 40 negara, seperti ke Eropa, Amerika, Jepang, China, dan sebagainya. Sekitar 35 persen kontribusi penjualan ekspor kami. Yang terpenting kami memberikan produk terbaik untuk konsumen," pungkas Halim. kbc7

Bagikan artikel ini: