Pala Tiangau Agribun, bisa dipanen sepanjang tahun

Rabu, 23 Oktober 2019 | 05:46 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Kementerian Pertanian (Kementan) mencanangkan program Benih Unggul Perkebunan (BUN) 500 juta batang yang akan dibagikan masyarakat.

Dalam upaya penyediaan benih perkebunan bermutu, Pemkab Kepulauan Anambas bekerjasama dengan Balittro dan Balai Besar Perbenihan dan Proteksi Tanaman Perkebunan Medan mengajukan pelepasan varietas unggul pala baru yang berhasil lulus pada Sidang Tim Penilai Varietas (TPV) tanaman perkebunan bernama Varietas Unggul Baru (VUB) pala bernama Tiangau Agribun.

Menurut peneliti Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat (Balittro), Nurliani Bermawie, keunggulan varietas pala Tiangau Agribun adalah produksi tinggi dengan jumlah buah per tahun rata rata 11.064 ± 3.138 atau lebih tinggi dari varietas unggul yang telah dilepas sebelumnya. Panen buah hampir merata sepanjang tahun sehingga dapat memberikan pendapatan bulanan kepada petani.

“Keunggulan lainnya adalah kadar minyak atsiri tinggi (biji muda) 13,12 ± 3,10% serta kadar myristisin sangat tinggi 37,38 ± 10,01 %. Nilai ini jauh lebih tinggi dari dua varietas tipe banda lainnya yang sudah dilepas,” urai Nurliani dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa (22/10/2019).

Lebih lanjut Nurliani menjelaskan Pala Tiangau Agribun ini juga memiliki kadar methyl eugenol sangat rendah 0,45 ± 0,18%. Dari fisik tanaman, pohon pala ini memiliki pertumbuhan meninggi yang lambat dengan percabangan yang rendah sehingga mudah untuk dipanen serta memiliki tingkat keseragaman tinggi.

Efi Sjuhairi, Kepala Dinas Perikanan Pertanian dan Pangan Kabupaten Kepulauan Anambas sangat bersyukur atas disetujuinya usulan pelepasan varietas unggul pala Tiangau Agribun ini. “Dengan adanya varietas unggul baru, ketersediaan benih bermutu untuk pengembangan pala di Indonesia lebih terjamin,” kata dia.

Selanjutnya ia mengapresiasi para petani pemilik kebun yang telah sangat kooperatif memberi informasi, dan bahan tanaman dalam rangka penyediaan benih unggul.Kepala Puslitbangbun Syafaruddin, PhD yang juga Wakil Ketua TPV Perkebunan berharap dengan dilepasnya varietas unggul baru pala Tiangau Agribun, dapat memenuhi ketersediaan benih bermutu dalam rangka mendukung pengembangan dan rehabilitasi pala di Indonesia. 

Ia juga memberikan apresiasi kepada semua pihak atas kinerja mempersiapkan calon-calon varietas bekerjasama dengan mitra Pemda. “Semua varietas yang disetujui dilepas diwajibkan untuk dibangun kebun induk sebagai sumber benih dalam rangka penyediaan benih untuk mendukung program peremajaan dan perluasan areal perkebunan. Semoga varietas-varietas unggul baru yang telah berhasil dirilis dapat segera dimanfaatkan oleh para stakeholder dalam pengembangan tanaman perkebunan,” urainya.kbc11

Bagikan artikel ini: