Ini harapan operator telekomunikasi terhadap Menkominfo yang baru

Kamis, 24 Oktober 2019 | 06:35 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Johnny G Plate resmi menjadi Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) yang baru menggantikan Rudiantara. Kalangan operator telekomunikasi pun berharap banyak terhadap bos baru di lingkungan Kementerian Kominfo tersebut.

Ketua Dewan Pengawas Asosiasi Telekomunikasi Seluler Indonesia (ATSI) M Danny Buldansyah berharap Menkominfo tidak menaikkan pungutan Penerima Negara Bukan Pajak (PNBP). 

"Terpenting adalah kontribusi operator terhadap penerimaan pemerintah itu sebaiknya tidak naik. Tapi dari pajak industri bisa meningkat," kata Danny usai serah terima jabatan Menkominfo di Jakarta, Rabu (23/10/2019).

"Nomor dua tentunya infrastruktur dan penetrasi lebih ditekankan, efisiensi industri bisa lebih ditingkatkan. Caranya seperti apa, nanti kita bicarakan bareng-bareng," lanjut bos Tri Indonesia itu.

ATSI tidak mempersoalkan sosok Johnny G Plate yang politikus dan tidak memiliki backgroud di dunia telekomunikasi. Hal yang terpenting menurutnya adalah memiliki semangat.

"Kalau masalah pengetahuannya, saya rasa dirjen-dirjennya, jajaranya juga, sudah cukup baik. Tentu saja kami dari ATSI pasti akan membantu pak menteri," tutur Danny.

Di tempat yang sama, CEO XL Axiata Dian Siswarini berharap Kominfo di bawah kepemimpinan Johnny dapat bergeser, tidak lagi menjadi regulator tapi juga akselerator. 

"Jadi dapat mendorong supaya industri ini berjalan dan berkembang lebih pesat lagi," kata Dian.

Dia pun berharap pungutan PNBP tidak dinaikkan. Pasalnya, sekarang pun pungutan PNBP dirasa cukup berat, sedangkan pekerjaan rumah operator untuk membangun infrastruktur masih banyak.

"Diharapkan pemerintah memberikan support kepada operator sehingga sama-sama bisa membangun, tidak hanya infrastruktur komunikasi di kota besar, tapi juga daerah T3, terluar, terdepan dan tertinggal," pungkas Dian. kbc10

Bagikan artikel ini: