BEI siap giring lima BUMN untuk IPO di tahun depan

Jum'at, 25 Oktober 2019 | 06:17 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: PT Bursa Efek Indonesia (BEI) terus mendorong Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk masuk ke bursa. Bahkan ditargetkan ada sebanyak lima perusahaan BUMN yang melakukan pencatatan saham perdana alias initial public offering (IPO) di tahun depan.

Direktur Utama BEI, Inarno Djajadi mengungkapkan, BEI tengah melakukan pendekatan dengan Kementerian BUMN. "Kami melakukan pendekatan dengan BUMN, siapa pun menterinya juga kami lakukan pendekatan," kata Inarno usai Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa BEI, Kamis (24/10/2019).

Dia menuturkan, paling tidak ada lima BUMN yang akan melantai di Bursa Efek Indonesia. Hanya saja, dia belum dapat menyebutkan siapa saja perusahaan pelat merah yang akan melantai di BEI.

Direktur Penilaian BEI, I Gede Nyoman Yetna mengungkapkan, BEI telah menyampaikan kinerja dari perusahaan pelat merah yang sudah masuk bursa.

"Hal yang menarik ketika kita melihat performa BUMN yang ada di BEI, kita juga pernah menyampaikan performa BUMN yang ada di BEI, hal ini penting bahwa menjadi go public kinerja akuntabilitas akan terjaga, yang lebih penting transparansi," katanya.

Lebih lanjut, dia bilang, sudah ada jalur informasi yang dibangun di antara keduanya. BEI bakal melakukan hal itu kembali guna mendorong BUMN untuk menjadi perusahaan terbuka. "Yang paling penting kami bisa mengusulkan, mana saja BUMN yang siap, sehingga jalur informasi formal dan non formal akan kami jalin," kata Nyoman.

Sebagai informasi, pada tahun ini belum ada BUMN yang mencalonkan diri untuk melaksanakan IPO dalam pipeline IPO BEI yang rilis pada 7 Oktober silam. Adapun dalam catatan Kontan.co.id hingga tutup tahun ini masih ada sekitar 30 perusahaan yang akan IPO. kbc10

Bagikan artikel ini: