Mentan SYL: Kecamatan jadi tulang punggung pembangunan pertanian

Jum'at, 25 Oktober 2019 | 21:27 WIB ET
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo

JAKARTA, kabarbisnis.com: Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) menegaskan kecamatan merupakan tulang punggung pembangunan pertanian. Hal ini berkaca dari pengalamannya sebagai kepala daerah, mulai dari kepala desa, camat, bupati, hingga Gubernur Sulawesi Selatan (2008-2018). 

"Saya mau serangan dan pengendalian pangan itu ada Pentagon (di Kementerian Pertanian), tapi demarkasi pertempuran di kecamatan. Pengendalian pertanian ada di kecamatan. Seratus hari harus selesai," tegas SYL pada Serah Terima Jabatan Menteri Pertanian di Jakarta, Jumat (25/10/2019).

SYL beralasan unit-unit pertanian dan data-data mengenai kondisi lapangan berada di kecamatan karena adanya Balai Penyuluh Pertanian. "Mulai sekarang sampai 100 hari nggak boleh ada yang tidur nyenyak," ujarnya.

Kemudian, Ia menegaskan komitmennya menjadikan Kementerian Pertanian menjadi kementerian yang terbaik dalam segala aspek. Syahrul menuturkan selama karirnya, Ia memiliki 244 prestasi nasional.

"Mulai dari tukang sapu merasa bisa bersing dengan kementerian lain. Maka sistem tim diperbaiki, satu visi yang bagus berkontribusi besar harus ada di sini. Bapak-bapak pemegang struktural harus berranggung jawab ke saya. Saya mau lihat itu," terang SYL.

SYL berharap adanya loyalitas kepada dirinya untuk bersama-sama memajukan kementerian yang dipimpinnya. "Siapapun menghambat selama saya izin dari Bapak Presiden saya akan tabrak itu," bebernya.

SYL juga mengingatkan kepada pejabat eselon Kementerian Pertanian untuk bekerja dengan integritas ,tidak boleh berbohong bahkan korupsi." Saya tidak suka orang pembohong, tidak jujur, koruptor,sogok sogok.Saya tidak usah dijilat.Kita sama sama berdaki, besok (jabatan) hilang kok," tandasnya.Kbc11

Bagikan artikel ini: