Rampung 2020, pembangunan 5 destinasi superprioritas telan dana Rp10 triliun

Senin, 28 Oktober 2019 | 12:39 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyatakan, pembangunan infrastruktur 5 Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Super Prioritas, yakni Danau Toba, Borobudur, Lombok, Labuan Bajo, serta Manado Bitung-Likupang selesai pada akhir 2020. Kelima KSPN tersebut menelan dana Rp10 triliun.

"Kami pastikan tahun 2020 dari Kementerian PUPR anggarkan Rp 7,6 triliun dan dari Kementerian Perhubungan sekitar Rp 2,5 triliun untuk investasi langsung APBN untuk pembangunan infrastruktur KSPN," kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono di Jakarta, Minggu (27/10/2019).

Dia bilang, pihaknya melakukan sharing informasi antara Kementerian PUPR, Kementerian Perhubungan, Kementerian BUMN, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), dan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mengenai program prioritas di bidang pariwisata.

"Harapannya dari sharing ini bisa terjalin sinergi yang baik agar dukungan infrastruktur di lima KSPN yang sudah kami bangun bisa delivered dan langsung dimanfaatkan oleh Kementerian BUMN dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, serta didukung dengan investasi," jelasnya.

Senada, Menhub Budi Karya Sumadi mengatakan koordinasi ini diperlukan untuk meningkatkan inisiatif baru terhadap fungsi-fungsi keusahaan seperti investasi di beberapa wilayah KSPN.

"Contohnya sudah ada program bagus di Labuan Bajo, saya usulkan format ini bisa dilakukan di beberapa tempat lain, karena tidak mungkin mengandalkan dana APBN. Jadi kita mendorong investasi di KSPN Super Prioritas," kata Budi.

Turut hadir pula dalam Rakor ini Menteri BUMN Erick Thohir, Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo, Menteri Parekraf Wishnutama Kusubandio, Wakil Menteri Parekraf Angela Tanoesoedibjo, dan Kepala BKPM Bahlil Lahadalia.

Dukungan infrastruktur KSPN yang dibangun Kementerian PUPR pada 2020 mencakup konektivitas, sumber daya air, perumahan dan permukiman.

Lima KSPN ini merupakan bagian dari 10 Bali Baru yang dikembangkan Pemerintah untuk meningkatkan kunjungan wisatawan asing dan domestik. Adapun sektor pariwisata diharapkan menjadi sektor andalan untuk mendatangkan devisa, membuka lapangan kerja serta meningkatkan pertumbuhan ekonomi lokal. kbc10

Bagikan artikel ini: