Rambah bisnis berita, Facebook gandeng perusahaan media

Senin, 28 Oktober 2019 | 16:58 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Facebook telah mengumumkan fitur baru pada aplikasinya, Facebook News. Terkait hal tersebut, perusahaan milik Mark Zuckerberg tersebut pun membentuk kerjasama dengan perusahaan media.

"Ini pertama kalinya kami membentuk hubungan jangka panjang yang stabil, kemitraan, dengan banyak penerbit," kata CEO Facebook, CEO Mark Zuckerberg seperti dilansir dari laman NBC News, Minggu (27/10/2019).

Zuckerberg bahkan mengungkapkan bahwa pihaknya berencana untuk menyuntikkan dana hingga jutaan dolar ke dalam bisnis berita. Facebook juga akan membayar beberapa media yang kerja dengannya, diantaranta Buzzfeed, Business Insider, NBC News, The Wall Street Journal, dan The New York Times.

Zuckerberg mengatakan bahwa inisiatif baru ini akan menampilkan berita utama terpilih dari gerai-gerai dengan paywalls bersama dengan berita gratis. Facebook News, katanya, telah dikembangkan selama beberapa tahun.

Zuckerberg mengatakan nantinya akan lebih banyak kemitraan berita global dan tautan lokal. Ia juga mengakan bahwa Facebook tengah mengerjakan "Today In," yang bertujuan untuk mengumpulkan informasi lokal dari kelompok masyarakat hingga departemen kepolisian untuk memfasilitasi pertukaran informasi.

Facebook tidak akan hanya mengandalkan algoritma untuk menyajikan berita yang dipersonalisasi. Facebook juga memiliki panel kurator untuk memutuskan apa yang relevan. kbc10

Bagikan artikel ini: