Stasiun pengisian daya kendaraan listrik resmi meluncur di 4 kota ini

Selasa, 29 Oktober 2019 | 07:24 WIB ET

TANGERANG, kabarbisnis.com: PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) atau PLN meresmikan lima Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) secara serentak di empat kota. Empat kota tersebut yakni Tangerang, Bali, Jakarta, dan Bandung.

"Untuk mendorong penggunaan kendaraan listrik, maka PLN ditugaskan untuk yang pertama kali menyiapkan, jadi masyarakat yang ingin berinvestasi di kendaraan listrik sudah tidak ragu-ragu lagi," ucap Plt Direktur Utama PLN Sripeni Inten Cahyani di kawasan AEON Mall BSD City, Senin (28/10/2019).

Sripeni mengatakan, pengguna mobil listrik sudah bisa melakukan pengisian daya di rumah masing-masing. PLN pun akan menawarkan diskon tarif bila melakukan pengisian antara jam 20.00 hingga pukul 04.00.

Acara peresmian SPKLU ini dilakukan sebagai bagian dari implementasi kelengkapan infrastruktur bagi kendaraan bermotor listrik berbasis baterai, sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2019.

Untuk itu PLN berkomitmen menyediakan sejumlah SPKLU baik yang disediakan secara mandiri oleh PLN, ataupun melalui kerja sama dengan pihak swasta.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Jendral Ketenaga Listrikan Kementerian ESDM Rida Mulyana menegaskan, langkah PLN sangat bagus dan strategis dengan kerja sama untuk pemanfaatan kendaraan berbasis listrik.

"Hal ini juga bagus untuk peningkatan penjualan tenaga listrik ke depannya," katanya.

Tahun ini, PLN berencana membangun 10 SPKLU di seluruh Indonesia. Secara berangsur sampai tahun depan, diharapkan jumlahnya terus bertambah.

Ini bertujuan untuk menunjang hadirnya perangkat kendaraan listrik mulai dari mobil listrik berbasis baterei, skuter (motor listrik), dan berbagai kendaraan listrik lainnya. kbc10

Bagikan artikel ini: