Menkominfo bakal fokus pengembangan startup

Selasa, 29 Oktober 2019 | 08:27 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) berkomitmen untuk tetap fokus pada pengembangan startup di Tanah Air.

Hal itu diungkapkan Menteri Komunikasi dan Informatika Kabinet Indonesia Maju, Johnny G Plate di kantor Kominfo di Jakarta, Senin (28/10/2019).

"Meneruskan usaha untuk menghasilkan 1.000 startup yang menjangkau rakyat akan menjadi perhatian kita sekaligus juga berusaha meningkatkan kapitalisasi startup-startup kita," katanya.

Johnny mengatakan, pemerintah akan mendorong startup memiliki nilai valuasi 1 miliar dolar AS atau yang biasa disebut unicorn. Sementara, para unicorn akan didorong untuk naik status menjadi decacorn, sebutan untuk startup yang memiliki nilai valuasi lebih dari 10 miliar dolar AS.

Namun, Johnny tidak mau memasang target jumlah startup yang akan menjadi unicorn ataupun decacorn dalam masa kepemimpinannya.

"Saya harus bertemu dulu dengan pelaku usaha. bagaimana kesiapan mereka. kalau mereka siap, kita fasilitasi kita akselerasi untuk kekuatan fondasi perekonomian kita," jelasnya.

Sebab, menurut Johnny, tantangan perekonomian saat ini begitu besar, sehingga diperlukan bagi startup untuk melihat kejelian pasar.

Tantangan lain dalam pengembangan startup adalah Sumber Daya Manusia (SDM). kbc10

Bagikan artikel ini: