Startup rekrutmen SDM ini raih pendanaan tahap awal

Selasa, 29 Oktober 2019 | 14:46 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Dengan berkembangnya teknologi dan bisnis di Indonesia, kebutuhan akan sumber daya manusia (SDM) semakin meningkat. 

Menyadari hal itu, NusaTalent, sebuah startup yang berfokus pada bidang Human Resource dengan memberikan solusi untuk memudahkan sistem perekrutan khusus fresh graduates.

Terbentuk di bawah naungan PT Nusa Talenta Indonesia sejak November 2018, dan didirikan oleh 4 orang, yaitu Steven Gouw, Billy Bachtiar, Arthur Bachtiar dan Rigel Tan. Kini pertumbuhan pengguna aplikasi pada NusaTalent meningkat hingga puluhan ribu pengguna. Hal ini dikarenakan adanya kerja sama yang baik antara Nusatalent dengan perusahaan dan perguruan tinggi di Indonesia.

“Kami telah bekerja sama dengan lebih dari 350 perusahaan di daerah Jabodetabek dan lebih dari 60 perguruan tinggi sampai bulan Oktober ini. Kerja sama yang kami lakukan dengan perguruan tinggi di Indonesia berjalan dengan baik karena kami sering sekali mengadakan kegiatan seperti seminar dan juga digital job fair," ujar Steven Gouw, Co-Founder Nusatalent melalui keterangan tertulis, Selasa (29/10/2019).

Digital Job Fair merupakan salah satu acara yang diminati perguruan tinggi karena cukup berbeda dengan jobfair lainnya yaitu dengan tema paperless. Membawa CV pada saat jobfair akan lebih melelahkan dibandingkan dengan menyelesaikan proses rekrutmen melalui aplikasi NusaTalent. 

Ditambahkan Steven, sejak pertengahan tahun 2019, Nusatalent juga berhasil mendapatkan pendanaan tahap awal (seed-funding) setelah lulus dari salah satu akselerator di Indonesia yaitu SKALA yang merupakan kerja sama antara Strive (sebelumnya bernama Gree Ventures) dan Innovation Factory. Pendanaan yang didapatkan ini akan difokuskan untuk membentuk tim yang lebih besar, pengembangan teknologi serta berkomitmen untuk menjangkau lebih banyak perguruan tinggi di seluruh Indonesia. 

"Ke depannya, NusaTalent akan terus menjalin relasi yang baik dengan ribuan perusahaan serta ratusan perguruan tinggi untuk mencapai ekosistem rekrutmen yang baik. Serta membantu lulusan baru atau fresh graduates untuk mendapatkan pekerjaan pertamanya. NusaTalent juga berkomitmen untuk membantu perguruan tinggi untuk memantau perjalanan karir lulusannya," pungkasnya. kbc7

Bagikan artikel ini: