Bikin UMKM mendunia, Kemenkop gandeng Gojek

Rabu, 30 Oktober 2019 | 06:43 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) dan Gojek Indonesia menyepakati kerja sama dalam rangka meningkatkan digitalisasi di kalangan usaha mikro kecil menengah (UMKM). Digitalisasi diharapkan akan memperkuat kompetensi UMKM untuk naik kelas. 

Deputi Produksi dan Pemasaran Kemenkop UKM Victoria br Simanungkalit mengatakan pertumbuhan kemitraan UMKM Gojek yang cepat merupakan kekuatan untuk melakukan sinergi dalam berbagai program.

Program yang sudah terjalin selama ini antara Kemenkop dan UKM dengan Gojek akan diperluas lagi tidak hanya pelatihan namun juga untuk market market inteligent, kolaborasi di layanan, registrasi perizinan. 

"Target kita adalah UMKM naik kelas dan UMKM modern yang bisa manfaatkan digital," kata Victoria di kantor Kemenkop, Jakarta, Selasa (29/10/2019).

Chief Policy and Government Relations Gojek Indonesia, Dyan Shinto E. Nugroho mengatakan dengan pertumbuhan mitra UMKM Gojek yang sudah mencapai 400 ribu mitra UMKM, merupakan kekuatan untuk mengembangkan kerja sama kedua pihak. Mitra UMKM ini banyak yang memulai bisnis karena ada Gojek. 

"Kita akan bersama - sama memajukan UMKM, sehingga bisa naik kelas bisa mendunia. Kerja sama ini dilakukan secara kolaboratif dengan market place yang lain sehingga program-programnya tepat guna dan produktif," kata Shinto.

Shinto menjelaskan, nantinya Kementerian dan GoJek akan bersinergi seperti penyaluran kredit usaha rakyat (KUR), integrasi data, kemudahan perizinan dan informasi data tentang jenis usaha yang sedang tren di masyarakat.

"Dengan demikian pelatihan yang dilakukan dapat tepat sasaran dan tepat guna," kata Shinto. kbc10

Bagikan artikel ini: